oleh

Wako Rahma Imbau Warga Tingkatkan Prokes Hadapi Kenaikan Kasus Covid 19

Senggarang, Tanjungpinang (infoluarbisa.com)-Walikota (Wako) Tanjungpinang, Hj.Rahma minta masyarakat tetap waspada terhadap peningkatan kasus Covid-19 di Tanjungpinang. Warga harus selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) meskipun sudah melakukan vaksinasi. 

“Soal kenaikan kasus Covid-19 kita harus hati-hati, tetap waspada. Mohon tingkatkan prokes,” kata Rahma saat memimpin rapat evaluasi dan penyusunan rencana aksi Kota Layak Anak (KLA) 2022, Rabu (23/2), di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, kantor Walikota Tanjungpinang.

Dalam rilis yang diterima infoluarbiasa.com, Kamis (24/2), Rahma mengatakan, meski belum bisa langsung dipastikan mereka yang terpapar virus Covid-19 apakah terkena varian omicron atau tidak, akan tetapi masyarakat tetap harus berhati-hati walaupun bergejala ringan. Karena ini, angkanya sudah mulai naik. 

“Selasa (22/2) kemarin saja, ada penambahan 51 kasus. Hari ini, Rabu (23/2) bertambah 105 kasus. Jadi, total kasus aktif ada 389 orang,” ucap dia. 

Dari 389 kasus aktif itu, lanjut Rahma, 28 orang menjalani perawatan di rumah sakit, isolasi terpadu 17 orang, dirawat di mess bhayangkara dua orang, dan sisanya 342 orang menjalani isolasi mandiri. 

“Jadi, harus waspada. Lengkapi vaksinasinya, booster juga dilakukan. Karena ini untuk menjaga daya tahan tubuh. Ketika terpapar, imun tubuh lebih kuat,” tuturnya. 

Saat ini, ia bersama satgas Covid-19, TNI, dan Polri terus berjuang agar kondisi Tanjungpinang tidak terjadi lagi pembatasan kegiatan seperti tahun lalu. 

Karena, dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 11 tahun 2022, Tanjungpinang sudah masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. “Kalau tidak ada perubahan, artinya terus meningkat, tidak menutup kemungkinan kondisi PPKM bisa naik lagi,” pungkasnya. 

Namun, Rahma berharap, kondisi itu tidak terjadi lagi. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk meningkatkan prokes. “Lakukan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas). Setiap hari harus berpedoman pada prokes,” katanya. 

Ia yakin dan percaya, masyarakat sudah begitu memahami bagaimana menghadapi penanganan Covid-19 ini supaya tidak tertular. “Kondisi hari ini, tinggal kata hati kita, karena kuncinya ada di diri kita masing-masing. Jadi, mohon tetap jalankan prokes, vaksinnya juga dilakukan,” pinta Rahma lagi.(kol)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.