oleh

Sukses Pemilu Tergantung Pers

Tanjungpinang-Suksesnya Pemilu dan Pilkada sangat tergantung pada peranan masyarakat dan stakeholder (pihak terkait), termasuk pers atau media massa.

“Sukses Pemilu atau Pilkada tidak hanya oleh KPU saja, tapi perlu keterlibatan semua pihak, termasuk pers,” ujar Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution, SH, Jumat (14/1), di Tanjungpinang.

Dia mengatakan hal itu saat bersilaturahmi dengan Ketua dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjungpinang, Amril Agin yang ditemani Ketua Bidang Organisasi dan Lembaga Novendra, Ketua Bidang Olahraga PWI Tanjungpinang, Abbas dan anggota lainnya.

Turut hadir dalam pertemuan itu para komisioner KPU, yakni bidang sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM, M Yusuf, bidang hukum dan pengawasan, Andri Yudi, bidang teknis penyelenggara, Hj Susanty dan Hafiz Diwa Prayoga sebagai Perencanaan Data dan Informasi. Serta Sekretaris KPU Tanjungpinang, Abdul Basyid.

Aswin menuturkan, dalam proses pesta demokrasi, lembaga KPU bersifat independen. Begitu juga dengan lembaga pers. Harapannya bisa membangun komunikasi dan kerja sama dalam berbagai proses tahapan Pemilu dan Pilkada nantinya.

Sementara itu, Andri Yudi menyampaikan bahwa kerja sama bersama rekan-rekan wartawan sudah berjalan. Menurutnya, melalui pertemuan ini akan terus ditingkatkan. “Memperluas informasi perlu peran serta media massa,” katanya.

Selama ini, pihaknya juga menyiarkan informasi melalui web dan media sosial (Medsos) lainnya. Hanya saja, belum maksimal karena tidak semua meng akses medsos. “Karena itu kami perlu bekerja sama dengan rekan-rekan media massa karena pers turut serta menyebarluaskan dan mensukseskan Pemilu dan Pilkada,” tutur alumni Universitas Andalas (Unand) ini.

Sementara itu, Amril menyambut baik acara silaturahim KPU Kota Tanjungpinang dengan PWI Tanjungpinang. Dia menuturkan, pada prinsipnya PWI siap mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. “Pemilu merupakan wujud demokrasi di negara kita, termasuk di Kepri. Kami mendukung upaya yang dilakukan KPU Tanjungpinang untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada di kota ini,” ujarnya.

Dia berharap masyarakat bisa menggunakan hak suara guna menentukan masa depan. Menurutnya, sebagai wartawan memiliki tanggung jawab menyebarluaskan informasi. Apalagi bertujuan menentukan pemimpin daerah ini.

Amril juga berpesan, agar seluruh jajaran KPU bisa membuka informasi seluas-luasnya. ‘Bila ada rekan-rekan wartawan yang bertanya atau menghubungi supaya bisa diberikan keterangan. Saya juga berpesan kepada teman-teman wartawan untuk tetap mengedepankan kode etik dan sopan santun saat bertanya,” tuturnya.(kol)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.