oleh

Rabu (26/10), Bawaslu Tanjungpinang Umumkan Nama Panwascam

Tanjungpinang (infoluarbiasa.com)-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang umumkan nama panitia pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), besok (26/10), menyusul selesainya tes wawancara bagi calon pada Sabtu (22/10), di Tanjungpinang.

Wawancara itu ditujukan kepada 24 orang dari 122 calon yang telah dinyatakan lulus tes tertulis CAT (Computer Assisted Test) dengan aplikasi online socrative beberapa waktu lalu. Ini merupakan tahap terakhir tahapan pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilu Tahun 2024.

“24 orang peserta hadir semua, wawancara dilaksanakan di Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang, dari pagi hingga malam, mulai pukul 08.00 wib sampai  pukul 22.00 WIB,” ujar Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini, M.Ikom, Selasa (25/10), di Tanjungpinang.

Ia mengatakan bahwa tahapan selanjutnya adalah pengumuman Panwacam terpilih, besok (Rabu, 26/10). Diumumkan tiga (3) besar dari enam (6) peserta, yang memperoleh peringkat nilai tertinggi untuk masing-masing kecamatan.

“Kemudian agenda selanjutnya adalah Pelantikan dan Orientasi Pembekalan bagi Panwaslu Kecamatan terpilih Se-Kota Tanjungpinang, yang bakal diadakan Sabtu, 29 Oktober 2022, di CK Hotel Tanjungpinang,” ujar Zaini yang juga ustadz ternama di ibu kota Propinsi Kepri itu.

Dia mengharapkan terpilih Panwascam yang berintegritas dan profesionalitas dalam mengawasi tahapan pesta demokrasi 2024 yang berkualitas di setiap kecamatan di “Kota Gurindam Negeri Pantun” itu.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang, Novira Damayanti, SE menyampaikan bahwa subtansi penilaian wawancara untuk menguji motivasi, visi misi, tugas, kewajiban dan kewenangan sebagai Panwascam.

“Panwascam harus punya komitmen, integritas dan kerja penuh waktu, pengetahuan tugas, tata kelola Pemilu dan pengawasan, kemampuan komunikasi, kerjasama tim dan kepemimpinan, serta kearifan local,” ujar Novi, demikian Novira biasa disapa.

Menurut Kordiv Hukum, Pencegahan, Humas, Partisipasi Masyarakat ini, Panwascam diharapkan dapat memahami dan melaksanakan tugas, kewajiban sebagai pengawas Pemilu berdasarkan peraturan perundangan, serta kerjasama yang baik dengan internal lembaga dan hubungan antar lembaga dalam tahapan Pemilu 2024.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.