oleh

Perlu Dimunculkan Wajah Baru Balon Wako, Ini Alasannya

Tanjungpinang (infoluarbiasa.com)-Kendati pemilihan Walikota Kota (Pilwako) Tanjungpinang masih lama, 2024, tapi sejumlah pihak sudah berwacana untuk tampilnya wajah baru bakal calon (balon) yang akan bertarung saat pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tanjungpinang nanti.

Setidaknya hal itu disampaikan dua tokoh Kepri yang berada di Kota Tanjungpinang. Mereka adalah Wakil Ketua Majelis Sinerji Kalam (Masika) Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Orwil Provinsi Kepri, Agus Suryadinata, S.Sos, S.Pd, dan dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah), Marsudi, S.Sos, M.Si.

“Sekarang ini yang kita dengar bakal bertarung pada Pilwako nanti, person nya itu-itu juga. Pilkada merupakan pesta rakyat untuk memilih pemimpin. Supaya demokrasi kita lebih dinamis, sewajarnya apabila beberapa tokoh baru untuk maju sebagai balon pada Pilwako Tanjungpinang nanti,” ujar Agus, Senin sore (27/6), di Tanjungpinang.

Marsudi

Dihubungi di tempat terpisah, Marsudi berpendapat sama. Menurutnya, Pemilu dan Pilkada merupakan ajang demokrasi untuk memilih pemimpin berdasarkan azas Luber dan Jurdil (Langsung, Umum, Bebas Rahasia, Jujur dan Adil).

“Untuk menilai demokratis atau tidaknya suatu daerah, maka Pilkadanya harus Luber dan Jurdil serta masyarakat punya hak yang sama untuk maju sebagai calon pemimpin yang akan dipilih masyarakat,” ujar Marsudi yang pernah menjadi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri masa bakti 2013-2018.

Itu sebab, baik Agus maupun Marsudi, berpendapat apabila Balon yang akan maju pada Pilwako Tanjungpinang 2024, bisa dimunculkan sebesar mungkin. “Supaya masyarakat punya banyak alternatif sebagai calon pemimpinnya,” timpal Agus tanpa bersedia menyebut nama siapa-siapa Balon yang menurutnya pantas akan maju saat Pilkada nanti.

Sebagaimana diketahui, beberapa nama yang sudah mengapung ke permukaan sebagai calon yang akan bertarung pada Pilwako Tanjungpinang 2024, diantaranya, Hj.Rahma sebagai incumbent (petahana), Lis Darmansyah (anggota DPRD Kepri), dan Agus Wibowo (Ketua DPRD Bintan yang juga Ketua Partai Demokrat Kota Tanjungpinang).

Menjawab pertanyaan, Marsudi mengatakan, beberapa tokoh yang menurutnya layak untuk menjadi calon alternatif pada Pilkada Tanjungpinang 2024, ialah, Dr (Cand) Ade Angga, S.Ip, MM, Dr.Suryadi, MH, dan Dr.HMJ Esram,MH, MT.

“Ade Angga merupakan tokoh muda yang potensial dan pernah jadi pimpinan DPRD Kota Tanjungpinang. Sementara itu, Doktor Suryadi merupakan ustadz kondang yang tidak diragukan lagi kapasitas dia sebagai pemimpin banyak organisasi,” kata Marsudi.

Begitu juga dengan Esram, sambungnya. “Pak Doktor Esram adalah pejabat yang dekat dengan masyarakat. Dari muda saya tahu beliau sudah aktif berorganisasi. Sekarang beliau Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) dan Ketua NU Kota Tanjungpinang,” kata Marsudi yang juga Sekretaris Dewan Dakwah Provinsi Kepri itu.

Marsudi berharap individu yang disebutkannya itu dapat menjadi perhatian partai politik untuk dielus-elus jadi kandidat balon pemimpin Kota Tanjungpinang ke depan.(rmb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.