oleh

MIN 1 Batam dan IKAL Peringati Harlah Pancasila

Batam (infoluarbiasa.com)- Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Batam bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Kementrian Agama (Kemenag) Kepri melaksanakan upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni tahun 2022, di Batam, Kamis (2/6).

Kegiatan yang bertemakan “Pancasila sebagai Pemersatu dan Karakter Bangsa melalui Pembudayaan secara Berkelanjutan dan Terpadu,” dihadiri Kepala MIN 1 Batam, Rosmardi,S.Pd, pihak Kodim 0316 Batam, yang diwakili Babinsa Tanjungbuntung Suprayetno, Sekretaris KNPI Kepri Muhammad Irfan beserta beberapa pengurus, dan para siswa.

Dalam sambutannya Suprayetno mengatakan makna sila dalam lambang Pancasila bisa diterapkan dengan kedisiplinan dalam mengamalkan Pancasila itu sendiri.

“Pancasila berasal dari dua kata sansekerta yaitu ‘Panca’ yang berarti lima dan ‘Sila’ yang bermakna prinsip atau dasar. Pancasila diartikan sebagai lima prinsip yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan. Sehingga sudah sepantasnya sebagai generasi penerus bangsa untuk mengenal dan mencintai negaranya yang dibuktikan dengan amalan sila-sila pancasila dalam kehidupan sebagai bentuk Nasionalisme dan cinta tanah air,” ujarnya.

Sedangkan Maya Sari, S.Pd.I dari IKAL memberikan pengetahuan serta penguatan nilai-nilai pancasila, memaknai setiap sila yang diimplementasikan dalam kehidupan. “Bagaimana bangsa kita menjadi bangsa yang bersatu dan memiliki karakter dengan cara terus dan terus kita berikan pemahaman serta contoh agar menjadi suatu kebudayaan yang baik,” ujarnya

Sementara itu, selaku kepala MIN 1 Batam, Rosmardi menyambuat baik dan merasa senang atas perhatian generasi muda terhadap Pancasila. “Saya harapkan ke depannya kegiatan dan kerjasama ini bisa terus berlanjut,” katanya.

Dia juga gembira melihat antusias siswa MIN 1 Batam yang luar biasa dengan penuh semangat ketika mendengarkan dan menanggapi setiap materi dan pertanyaan yang diberikan. “Ini merupakan tanda bahwa anak-anak sangat senang dengan kegiatan seperti ini,” tuturnya.(rws)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed