oleh

Membludak, Sholat Ied di Masjid Muhammadiyah Tanjungpinang

Tanjungpinang (infoluarbiasa.com)-Pelaksanaan sholat idul adha (ied) 1443 H Sabtu, 9 Juli 2022, di Masjid At-Taqwa Kauman Muhammadiyah, Batu 8 atas, Tanjungpinang, membludak. Tanah lapang di depan masjid penuh oleh umat muslim yang ingin sholat Ied.

Sejak pukul 06.30 wib, masyarakat sudah berbondong-bondong mendatangi masjid. Mereka datang dengan berjalan kaki, naik sepeda motor dan kendaraan roda empat. Tanah lapang tempat sholat terlihat ramai sejak pagi lantaran jemaah hadir bersama keluarga. Malah ada yang membawa orang tua pakai kursi roda.

Saking banyaknya masyarakat yang merapat, panitia terpaksa menggunakan teras sekolah perserikatan Muhammadiyah tersebut sebagai tempat sembahyang. Tidak itu saja, panitia pun berinisiatif menambah shaf di depan untuk memberi ruang kepada warga lain sebagai tempat sholat. Sebagian malah ada yang tidak dapat tempat sehingga terpaksa menyelip diantara jemaah lain.

Banyak pihak yang tidak memperkirakan sholat ied tahun ini di kauman Muhammadiyah sampai luber. “Biasa tidak seramai ini,” ujar tokoh Muhammadiyah Kepri, H.Nazaruddin.

Dia memperkirakan padatnya orang yang datang lantaran masa pandemic covid 19 sudah mulai berkurang. Disamping itu, tempat sholat ied pada Sabtu 9 Juli 2022 tidak begitu banyak di “kota Bestari” itu. “Pemerintah kan menetapkan hari raya ied jatuh pada Ahad, 10 Juli 2022,” ujarnya.

Tepat pukul 07.15 Wib, sholat Ied dilangsungkan dengan khotib ustadz Delwi Jonsandre dan imam ustadz Arifin Fauzi.

Nazaruddin (tengah) dan Zamzami (kanan) terlihat memotong daging kurban

Selepas sholat ied, aktifitas peringatan hari raya haji di kauman Muhammadiyah dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. “Tahun sekarang kita memotong hewan kurban sebanyak tujuh ekor sapi,” ujar Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tanjungpinang, Mukhtar Sujadi.

Aktifitas perayaan idul adha 2022 di perserikatan Muhammadiyah Tanjungpinang, diakhiri dengan makan siang bersama, antara sesama warga Muhammadiyah dan dengan masyarakat sekitar. Pukul 14.00 wib, daging kurban mulai dibagikan. (rmb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.