oleh

Kepri Ikuti Rakornas IV KAHMI

Tanjungpinang (infoluarbiasa.com)-Majelis Wilayah (MW) Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Kepri mengirim utusan untuk mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakornas) IV KAHMI di Batam, Kepri, 25-27 Februari 2022.

Sesuai undangan, MW KAHMI Kepri dan Majelis Daerah (MD) KAHMI kabupaten/kota se-Kepri akan mengikuti Rakornas secara langsung atau offline. Sedangkan yang berada di luar Kepri akan mengikuti Rakornas secara online lewat aplikasi zoom.

“Sesuai jadwal, Jumat besok (25/2) peserta Rakornas sudah bisa datang mendaftar di sekretariat panitia di Batam. Ini untuk peserta yang ikut langsung (offline),” ujar Ketua MW KAHMI Kepri, doktor Suryadi, MH, Kamis pagi (24/2), di Tanjungpinang.

Menurutnya, forum RAKORNAS IV KAHMI Tahun 2022 memiliki nilai strategis dalam rangka melakukan curah pendapat dan gagasan tentang berbagai langkah dan memberikan konstribusi baik bersifat konseptual, gagasan solutif maupun tataran implementatif terkait kebijakan strategis Pemerintah di bidang ekonomi di era pandemi Covid-19 utamanya di Batam.

Majelis KAHMI Nasional memilih dan mentapkan Batam sebagai tempat RAKORNAS IV KAHMI, kata dosen Umrah ini, mempertimbangkan beberapa hal strategis dan mendesak. Batam menjadi daya ungkit pemulihan ekonomi pasca pandemi melalui berbagai kebijakan strategis, antara lain; 1) Free Trade Zone (FTZ), 2) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK); serta 3) adanya kebijakan penerapan otonomi khusus di Batam.

Penerapan otonomi khusus di Batam, kata ustadz kondang ini, secara empirik merupakan hal yang baru di Indonesia karena berdasarkan konsep desentralisasi asimetris berbasis ekonomi. Namun demikian dalam implementasinya, diperlukan tahapan lebih lanjut yakni penyiapan undang-undang khusus tentang Batam serta substansi kekhususan apa yang akan diberikan kepada Batam.

“Dengan kegiatan RAKORNAS diharapkan dapat menemukan kembali berbagai langkah strategis dan taktis dalam rangka mencapai target kebijakan pemerintah dan memberikan nilai manfaat serta meningkatkan daya saing yang lebih terencana dan berkelanjutan,” ujar Ketua Dewan Dakwah Kepri itu.

Menurut Suryadi, Rakornas yang diadakan di Hotel Swissbell, Batu Ampar, Batam itu dibuka Jumat malam (25/2) oleh Koordinator Presidium (Korpres) Majelis Nasional (MN) KAHMI yang saat ini dijabat Ir. Ahmad Riza Patria, MBA yang sekarang menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Pada kegiatan opening ceremony, sambung Suryadi, acara bakal diikuti sekitar 200 orang peserta dan sejumlah 600 peserta secara online. Pembukaan akan diisi oleh keynote speech, Dr. Sofyan Djalil, SH, MA, Menteri Agraria dan Tata Ruang RI. “Acara peresmian Rakornas KAHMI juga akan dihadiri Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Walikota Batam, Rudi,” tuturnya.(rmb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed