by

Kepri Bakal Jadi Tuan Rumah Pertemuan FKDM Se-Sumatera

Tanjungpinang – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan menjadi tuan rumah pertemuan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se Sumatera yang bakal diadakan Maret 2022. Acara tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang FKDM.

“Ada wacana untuk mengadakan pertemuan FKDM se Sumatera guna menyamakan visi dan misi tentang FKDM,’” ujarKetua FKDM Kepri, Ridarman Bay, SE, MM, Rabu (12/1), di Tanjungpinang.

Dia mengatakan hal itu saat pertemuan silaturahim pengurus FKDM Kepri dengan Sekretaris dan pejabat teras Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang akhir tahun 2021 di mutasi ke Kesbangpol. Hadir dalam acara itu Sekretaris Dra Syarifah Irza Irawati, M.Pd, dan pejabat Kesbangpol Kepri, seperti, Kabid Poldagri Andi Mardianus S, STP, M.Si, Kabid Wasnas dan Penanganan Konflik, Heri Sandi, SE, Kabid Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa M.Abi Abraham, SE, serta Kasubbid Wasdin dan Kerjasama Intelejen Gideon Simanullang, SE, M.Ak.

Hadir juga Sekretaris FKDM Kepri, Marsudi dan sejumlah pengurus FKDM. Acara yang diadakan di ruang rapat Kesbangpol Kepri itu, juga diisi dengan pemaparan kegiatan yang sudah dilakukan organisasi plat merah itu pada tahun 2021. “Sejak dibentuk tahun 2019 lalu, kami sudah konsolidasi ke kabupaten/kota,” tambah Ridarman.

Ditambahkan, saat ini seluruh kabupaten kota di Kepri sudah terbentuk FKDM, kecuali Kabupaten Natuna. Dia mengharapkan kabupaten kota se Kepri mendukung keberadaan FKDM dengan memberikan bantuan pendanaan. “Masih ada kabupaten kota yang belum memberikan fasilitasi maksimal kepada FKDM setempat,” katanya.

Pertemuaan FKDM Se Sumatera

Lebih lanjut Ridarman mengatakan, pertemuan FKDM se Sumatera itu akan diikuti Ketua dan Sekretaris FKDM se Sumatera. Dalam pertemuan yang akan dihadiri 60 orang itu akan menampilkan nara sumber dari Direktur Kewaspadaan Nasional Kemendagri. “Supaya peserta lebih memahami makna dan keberadaan FKDM, maka kami akan hadirkan narsum dari Kemendagri,” tambah Marsudi.

Untuk saat ini, katanya, mengenai tempat belum diputuskan. Apakah di Batam atau Tanjungpinang. “Kemungkinan acara diselenggarakan Maret nanti. Soal tempat acara, masih kami matangkan,” ujarnya.

Sekretaris Kesbangpol Kepri, Syarifah Irza Irawati menyambut baik kedatangan pengurus dan rencana pertemuan FKDM se Sumatera tersebut. “Kami menyambut baik rencana pertemuan FKDM se Sumatera ini. Karena memang FKDM merupakan mitra kesbangpol dalam cegah dan deteksi dini ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) yang ada di tengah-tengah masyarakat,” ujar bu Irza, demikian biasa dia disapa.

Sementara itu, Heri Sandi mengharapkan ke depan ada pertemuan lanjutan antara pihaknya dengan FKDM Kepri untuk membahas teknis pelaksanaan pertemuan FKDM se Sumatera itu. “Sebaiknya kita bahas lagi persiapan pertemuan FKDM se Sumatera ini dengan lebih matang karena ini menyangkut nama Kepri sebagai tempat diadakannya acara tersebut,” ujarnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed