oleh

ICMI Tanjungpinang Bakal Adakan Pelatihan Menulis Karya Ilmiah, Ini Syaratnya

Tanjungpinang (infoluarbiasa.com)-Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Kota Tanjungpinang kembali akan mengadakan kegiatan. Kali ini pelatihan menulis karya ilmiah. Acara tersebut bakal diadakan Selasa depan.

Demikian dikatakan Wakil Ketua ICMI Tanjungpinang, Dr.Muzahar, Kamis (16/6), di Tanjungpinang. “Pelatihan akan diberikan kepada guru SMA/SMK se-Kota Tanjungpinang. Pelatihan ini berlangsung selama satu hari saja,” ujarnya.

Menurut Muzahar, peningkatan karir guru merupakan sebuah kebutuhan dan kebanggaan. Peningkatan tersebut menuntut usaha personal secara berkala. Adanya peningkatan karir guru terkait erat dengan usaha yang bersangkutan untuk meningkatkan kompetensi pribadi meliputi kompetensi pedagogi, profesional, sosial, dan kepribadian.

Muzahar

“Peningkatan kompetensi guru dapat dilaksanakan dalam beberapa bentuk seperti program pengembangan keprofesian berkelanjutan, keikutsertaan guru dalam seminar/workshop, program pelatihan seperti penulisan karya ilmiah guru yang diselenggarakan oleh berbagai dinas/Lembaga,” tutur doktor lulusan IPB University itu.

Dikatakan, pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah guru untuk guru-guru SMA/SMK di Kota Tanjungpinang saat ini masih terbatas dilakukan. “Oleh karena itu, ICMI Orda Kota Tanjungpinang memandang perlu mengadakan pelatihan bertema “Menulis Karya Ilmiah Guru untuk Guru-guru SMA, SMK, MA se-Kota Tanjungpinang” sebagai wujud peran serta aktif ICMI dalam membangun sumberdaya manusia di Kota Tanjungpinang,” terangnya.

Menurut dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) itu, manfaat yang akan diperoleh oleh para peserta antara lain: (1) dapat memenuhi persyaratan administrasi kenaikan pangkat dan jabatan, (2) menghasilkan karya ilmiah yang terpublikasi secara luas sehingga dapat meningkatkan akreditasi sekolah, (3) peserta mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (PC, laptop dan internet) dalam menghasilkan karya tulis ilmiah dan tugas-tugas pendidikan.

Untuk menunjang kelancaran pelatihan, pihaknya sudah membentuk panitia pelaksana, yang diketuai Rio Wanis, Sekretaris Oktarian dan Bendahara Atiek serta anggota Ramli Muasmara dan Yudhistira. Kegiatan itu akan dilaksanakan Selasa (21/6) di aula SMAN 4 Jl.Pemuda Tanjungpinang.

Untuk dapat mengikuti pelatihan tersebut, Muzahar mengatakan, calon peserta diwajibkan membawa laptop. “Kita tidak hanya memberi teori belaka, tapi peserta langsung praktek cara membuat karya ilmiah. Itu sebab, peserta harus membawa laptop masing-masing,” katanya.(rmb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed