oleh

FISIP Umrah Telah Terbitkan 23 Judul Buku Tahun 2021

Tanjungpinang (infoluarbiasa.com)-Sebagai perguruan tinggi ternama di Kepri, Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) telah menerbitkan puluhan judul buku karya para dosen. Penulisan buku tersebut merupakan wujud tridarma perguruan tinggi, yakni, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Buku yang diterbitkan itu merupakan karya para dosen, sebagai perwujudan peran pengajar dalam mengimplementasikan tridarma perguruan tinggi,” ujar Dekan Fisip Umrah, Prof Dr.Oksep Adhayanto, MH, menjawab infoluarbiasa.com, Ahad (30/1), di Tanjungpinang.

Dalam keterangannya, Oksep didampingi Dr (Cand) Bismar Arianto, yang juga mantan Dekan Fisip Umrah sebelum Oksep. “Untuk tahun 2021 saja, kita sudah menerbitkan 23 judul buku,” kata Oksep.

Ditambahkan, pihaknya telah menerbitkan berbagai macam judul buku dari pelbagai pendidik, sebagai bentuk pengabdian dan karya nyata pengajar yang akan menjadi jembatan ilmu bagi masyarakat banyak. “Buku merupakan wujud kedekatan dosen dengan lingkungan, terutama masyarakat,” timpal Bismar.

Menurutnya, menerbitkan tulisan adalah keistimewaan tersendiri bagi seorang dosen maupun mahasiswa. Dengan menulis lantas mempublish kan nya justru punya hasil yang konkrit yakni berupa buah pikir yang diubah menjadi bacaan yang dapat dinikmati banyak kalangan.

Tradisi literasi ini, sambung Bismar, harus benar-benar terwujud untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dan pengayaan tradisi keilmuan kaum intelektual di lingkungan kampus. “Seorang dosen harus benar-benar memiliki karya nyata berupa penelitian, dan hasil penelitian itu dibuat dalam bentuk buku,” ujar mantan tim seleksi (Timsel) calon anggota KPU Kepri itu.

Bismar berharap, yang membuat buku bukan hanya kalangan pengajar saja tapi juga boleh dilakukan pihak intelektual, seperti mahasiswa, para cendekiawan, maupun kalangan terpelajar lainnya. “Aktualisasikan diri melalui tulisan, apakah itu opini, kajian ilmiah, atau hasil penelitian,” ujar Bismar.(rws)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.