oleh

Bawaslu Tanjungpinang Gelar Tes Tertulis Online Bagi 112 Calon Panwascam

Tanjungpinang (infoluarbiasa.com)-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang melaksanakan tes tertulis online bagi 112 Calon Panwascam Se-Kota Tanjungpinang, yang sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Tes ini dalam tahapan pembentukan Panwascam untuk Pemilu Tahun 2024.

“Pelaksanaan tes tertulis online Panwascam dilaksanakan serentak Se-Indonesia sesuai arahan Bawaslu RI,” ujar Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini, M.Kom.I, Sabtu (15/10), di Tanjungpinang.

Menurutnya, tes tertulis online menggunakan aplikasi Socrative, telah dilakukan bertempat di laboratorium komputer SMAN 1 Kota Tanjungpinang, pada Jumat, 14 Oktober 2022.

“Koordinasi dengan Bawaslu Kepri, pihak sekolah, dan PLN agar tidak ada pemadaman listrik serta persiapan teknis jaringan komputer sudah optimal dilakukan, InsyaAllah semoga semua proses tes tertulis berjalan lancar, dan seluruh peserta diberikan kemudahan”, harapan Zaini yang juga Kordiv SDM, Organisasi, Pendidikan, Pelatihan, Data dan Informasi Bawaslu.

Dikatakannya, 112 peserta dibagi menjadi dua sesi. Pada Sesi Pertama dari jam 08.00-09.30 untuk calon Panwascam Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Tanjungpinang Barat, total 63 peserta. Sementara Sesi Kedua dari jam 10.00-12.30 untuk Kecamatan Tanjungpinang Kota dan Bukit Bestari, total 49 peserta.

Ia menyampaikan, selama 90 menit, peserta menjawab 100 butir soal. Secara umum, substansi materi yang dites terkait UUD 1945, Pancasila, demokrasi, kepemiluan, Kepengawasan, ketatanegaraan, kepartaian, peraturan dan perundangan terkait. Guna menguji pengetahuan dan wawasan calon Panwascam.

Sebelum dimulai, tampak Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini dan Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, Said Abdullah Dahlawi memberikan arahan teknis dan motivasi kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti proses tes dengan baik dan tertib.

Lebih lanjut Zaini mengungkapkan, bahwa tanggal 17 Oktober 2022 akan diumumkan 6 besar peserta tes tertulis, dengan peringkat nilai yang tertinggi, dari masing-masing kecamatan. Sehingga akan ada 24 orang dari 4 kecamatan yang akan mengikuti tahapan berikutnya yaitu tes wawancara.

“Tes wawancara rencananya akan dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2022, di Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang. Guna mengetes kompetensi, kelayakan dan kepatutan calon Panwascam,” kata dia.

Hasil dari wawancara, akan diumumkan tiga (3) besar dari masing-masing kecamatan, sehingga total 12 orang Panwascam Se-Kota Tanjungpinang yang akan  terpilih dan dilantik antara 26-28 Oktober 2022.

“Harapannya semoga terpilih Panwascam yang berintegritas dengan karakteristik jujur, adil dan independen, serta profesionalitas dengan karakteristik memahami peraturan perundangan dan kompetensi kepemiluan. Karena mereka sebagai ujung tombak pengawasan ditingkat kecamatan untuk mengawasi Pemilu Tahun 2024 yang demokratis, berkualitas, damai, kondusif dalam proses dan hasil pesta demokrasi,”harap Zaini yang juga Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Pemilu Serentak 2024.

Terpantau dilapangan, proses tes online berlangsung secara tertib dan khidmat, turut hadir anggota Bawaslu Kota Novira Damayanti, beserta seluruh anggota Pokja yang bekerja menyiapkan sarana dan prasarana teknis tes tertulis online, serta Ketua Bawaslu Kepri, Said Abdullah Dahlawi, anggota Bawaslu Kepri, Rosnawasti, dan Staf SDM Bawaslu RI Abdul Rahman Rambe.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.