oleh

Bawaslu Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Tanjungpinang (infoluarbiasa.com)-Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 yang demokratis, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif.

“Sosialisasi ini kita sejalankan dengan kegiatan Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang diadakan Rabu lalu (23/11) di hotel CK,” ujar Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini, M.Kom.I, Jumat (25/11), di Tanjungpinang.

Dia mengharapkan, melalui kegiatan sosialisasi ini, sekaligus mengenalkan aplikasi yang telah dirancang dan dimutakhirkan oleh Bawaslu RI, yaitu “Sigaplapor” untuk menyampaikan laporan dugaan pelanggaran Pemilu secara online, dan “SIPS” untuk mengajukan sengketa proses Pemilu secara online.

Menurut Zaini, Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini bertujuan untuk membangun kesadaran semua pihak agar mewujudkan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 yang demokratis, berintegritas dan berkualitas dalam suasana damai, aman dan kondusif.

Dikatakan, sebagai nara sumber (Narsum) pada acara itu, dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah), Dr.Suryadi, MH.

Suryadi

Dalam pemaparannya, doktor ilmu hukum ini mengajak kepada seluruh peserta Pemilu dan masyarakat untuk bersama-sama menolak dan melawan politik uang, karena merupakan “racun demokrasi” yang telah dilarang dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 2017.

Menurutnya, “racun demokrasi” memiliki dampak bahaya dan merusak dalam berbagai aspek, diantaranya berpotensi terpilihnya wakil rakyat dan pemimpin yang sarat dengan korupsi karena berfikir bagaimana ianya bisa balik modal.

“Sehingga yang dirugikan masyarakat, kita semua. Seharusnya para anggota legislatif itu bekerja bagaimana memperjuangkan kesejahteraan masyarakat melalui program nyata,” ujar Ketua Dewan Dakwah Provinsi Kepri ini.

Sosialisasi tersebut diikuti perwakilan Parpol yang ada di ibukota provinsi Kepri itu, organisasi kemahasiswaan, unsur masyarakat, stakeholder, dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se Kota Tanjungpinang.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.