oleh

Antisipasi Covid, Rutan Tanjungpinang Sediakan VCR

Tanjungpinang (infoluarbiasa.com)- Rumah Tahanan Negara Kelas I Tanjungpinang tidak kehabisan akal untuk tetap menyambung tali silaturahmi dimasa pandemi covid-19 antara Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan keluarganya.

Rutan Kelas I Tanjungpinang menyediakan fasilitas kunjungan melalui video call Rujiba (VCR). Terdapat tiga monitor yang disiapkan di ruang kunjungan untuk mempermudah tahanan dan narapidana bertemu keluarga secara daring. Inovasi ini dilakukan sebagai layanan pengganti dari penghentian sementara layanan kunjungan di Rutan sebagai langkah pencegahan menyebarnya wabah virus Corona.

“Inovasi ini untuk mencegah keresahan WBP yang sementara waktu tidak bisa dikunjungi keluarganya. Dengan VCR mereka tetap bisa berkomunikasi dan bertatap muka melalui layanan video call yang disediakan secara gratis oleh Rutan Kelas I Tanjungpinang,” kata Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Eri Erawan, Selasa (22/2), di Tanjungpinang.

Menurutnya, layanan kunjungan Video Call ini diberikan secara gratis untuk mempermudah pihak WBP maupun keluarganya bersilaturahmi. “Karena ini bagian dari pelayanan prima Rutan Kelas I Tanjungpinang,” lanjut  Eri.

Dikatakan, pihaknya juga menyediakan ruang tunggu pengunjung dan penitipan barang yang nyaman. Pengunjung juga dapat menitipkan makanan untuk warga binaan tanpa takut menunggu proses penggeledahan yang lama karena sudah diantisipasi dengan penambahan petugas penggeledahan.

Tidak hanya layanan kunjungan, lanjutnya, Rutan juga meningkatkan kesehatan WBP, klinik Rutan terus berusaha sigap dan optimal memberikan pelayanan dan pengobatan kepada WBP yang ingin memeriksa kesehatannya.

“Para WBP diharapkan tidak perlu ragu lagi dengan pelayanan klinik kita karena kini telah menyediakan obat-obatan yang lengkap. Alhamdulillah walau di penjara namun masih bisa berobat,” kata salah satu petudas Kesehatan Rutan, Rio Guntur.

Menurut Rio, pelayanan kesehatan terhadap WBP Rutan dilakukan setiap hari. “Kami siap melayani keluhan dan mengobati WBP yang ingin memeriksa kesehatannya,” ungkap Rio.(kol)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.