loading...

Friday, September 15, 2017

Jendral Tito Karnavian sebut Krisis Rohingya Ada yang Tunggangi untuk Jatuhkan Pemerintah RI

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyoroti isu yang beredar soal krisis kemanusiaan Rohingya di media sosial yang telah meluas ke ranah pemerintahan. Menurutnya, ada kelompok yang menunggangi isu itu untuk melakukan gerakan anti pemerintah.
 tito krisis rohingya ada yang menunggangi

Ia juga mendapatkan informasi mengenai gerakan tersebut dari penelitian yang dilakukan Ismail Fahmi di Twitter. Penelitian itu menggunakan sofware Opinion Analysis, hasil yang didapatkan, kata Tito, sebagian besar mengaitkan isu Rohingya dengan pemerintah saat ini.

"Dari twitter-twitter yang berkembang tentang Rohingya dengan isu-isu tertentu, ternyata sebagian besar lebih banyak mengaitkan permasalahan rohingnya dengan pemerintah dan Presiden," 

Selain gerakan anti pati terhadap pemerintah, sambungnya, isu Rohingya juga diarahkan untuk membangun sentimen keagamaan dalam islam, sebagaimana persoalan pilgub DKI Jakarta dikaitkan dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

"Artinya isu ini lebih banyak digunakan untuk konsumsi dalam negeri, dalam rangka membakar sentimen masyarakat Islam, umat Islam di Indonesia untuk antipati terhadap pemerintah," jelasnya.

Jenderal bintang empat ini menyebut gerakan itu melakukan gaya lama yang pernah dipakai di Pilgub DKI. Artinya, kata Tito, isu Rohingya lebih dikaitkan dengan presiden daripada soal kemanusiaan.

"Ini gaya lama. Karena dulu ada isu Pilgub untuk menyerang pemerintah, sekarang ada isu baru yang kira-kira bisa dipakai untuk digoreng-goreng. Artinya isu rohingnya dikaitkan dengan Pak jokowi, jauh lebih besar daripada isu soal kemanusiaannya.

No comments:

Post a Comment