Thursday, December 29, 2016

Inilah 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memeluk Orang-orang yang kamu sayangi

Berbagai cara dilakukan untuk mengungkapkan rasa sayang terhadap seseorang, salah satunya adalah dengan memberikan pelukan. Pelukan hangat akan membantu memberikan kenyamanan bagi Anda dan orang tersayang. Selain itu, pelukan dari pasangan atau ucapan sapaan dari seorang teman akan membuat kita merasa dilindungi dan dicintai.

 alasan untuk berpelukan
1. Membuat Kita Merasa Lebih Baik

Tindakan sederhana seperti pelukan tidak hanya dirasakan oleh tangan. Ketika kita menerima pelukan dari seseorang, oksitosin atau yang dikenal sebagai "hormon berpelukan" pada tubuh akan dilepaskan, sehingga tubuh akan merasa hangat. Menurut DePauw, Psikolog Universitas Hertenstein, Oksitosin adalah neuropeptida yang pada dasarnya mempromosikan perasaan pengabdian, kepercayaan dan ikatan yang menghubungkan kita dengan orang lain.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Hormon-hormon yang dilepaskan dalam tubuh setelah berpelukan tidak hanya memberikan rasa senang, tetapi juga dapat membantu kesehatan fisik Anda. Ketika seseorang menyentuh Anda, sensasi pada kulit akan mengaktifkan reseptor tekanan atau yang disebut Corpuscles Pecinan, yang kemudiam mengirimkan sinyal ke saraf vagus atau area otak yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah.

3. Mengurangi Rasa Ketakutan

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Psychological Science mengungkapkan bahwa, pelukan dan sentuhan secara signifikan akan mengurangi rasa kekhawatiran. Studi ini menemukan bahwa memeluk seseorang atau bahkan itu hanya sebuah objek seperti boneka beruang, akan membantu mengurangi kekhawatiran eksistensial seseorang.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian di University of North Carolina mengungkapkan bahwa merangku seseorang tidak hanya menghangatkan hati tetapi juga sangat bagus bagi kesehatan jantung.5. Menghilangkan Rasa Kesepian

Memeluk dan sentuhan fisik menjadi semakin penting saat pertambahan usia. Semakin tua umur seseorang, semakin rapuh mereka secara fisik. Sehingga kontak fisik menjadi semakin penting bagi kesehatan. Seseorang yang semakin tua, maka akan sering merasakan kesepian sehingga akan meningkatkan stres. Dengan memeluk seseorang yang disayangi, maka Anda akan merasa dekat dengan orang tersebut dan menurunkan perasaan kesepian.

6. Pereda Stres Alami

Pelukan adalah obat stres alami. Jika tubuh menerima pelukan, maka akan mengurangi jumlah hormon stres kortisol yang diproduksi dalam tubuh. Pelukan juga membuat kiga melepaskan ketegangan dan mengirim pesan menenangkan ke otak.

7. Sangat Baik Untuk Perkembangan Bayi


Ingin melakukan sesuatu yang baik untuk generasi mendatang atau buah hati Anda? Jawabannya adalah memeluk mereka dari mulai mereka masih kecil. Sebuah studi di Emory University menemukan hubungan antara sentuhan dan menghilangkan stres terutama pada tahap awal kehidupan.

Perkembangan seorang bayi termasuk bagaimana mereka mampu mengatasi stres ketika dewasa, tergantung pada kombinasi alami dan cara lingkungan mendidik mereka. Berilah pelukan hangat kepada anak-anak sehingga ketika mereka dewasa mereka akan lebih tenang dalam mengendalikan stres.

No comments:

Post a Comment