Tuesday, November 1, 2016

Inilah Beberapa Berita yang sempat Jadi Viral, Ternyata HOAX,.!!!

Kita semua kini sudah masuk era digital. Di era ini satu informasi ataupun berita dengan mudah menyebar serta cepat diterima oleh orang-orang. Tetapi sayangnya, kemudahan ini kerapkali disalahgunakan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan berita hoax untuk kebutuhan pribadi atau maksud tertentu.

Nah, pada saat ini kita akan mengulas tentang sebagian berita hoax yang pernah bikin heboh dunia maya. Yuk, simak dengan seksama.


1 Tengkorak dan Tulang Belulang Raksasa

youtube. com

Masih inget tidak, satu tahun lebih lalu sekitaran bulan Maret 2007, ada satu berita yang menghebohkan dunia maya. Berita ini ditulis oleh satu diantara media di India bernama Hindu Voice. Dalam berita ini berisi kalau telah diketemukan makam raksasa yang di dalamnya ada tengkorak dan tulang belulang.

Dalam berita ini dituliskan kalau makam raksasa itu yaitu penemuan hasil usaha keras dari team National Geographic Society yang menjalin kerja sama juga dengan tentara India. Sudah pasti berita ini menarik banyak pihak dan media lain untuk mengangkatnya ke beragam media. Walau demikian setelah diteliti, muncul kejanggalan yang pada akhirnya tersingkap kalau foto tersebut yaitu hoax.

2 Seorang Anak yang Tidur Di Tengah Makam Orang Tuanya

merdeka. com

Sebagian waktu lalu pernah mengedar satu photo seseorang anak lelaki yang tengah tidur di antara kuburan bapak serta ibunya. Photo ini pada akhirnya dapat membuat heboh beberapa netizen. Lantaran berdasar pada narasi yang mengedar, bapak dan ibu dari anak ini jadi korban krisis kemanusiaan yang berlangsung di Suriah pada saat itu.

Tetapi nyatanya berita itu adalah hoax. Sedang cerita aslinya photo ini adalah karya seseorang seniman bernama Abdul Aziz al-Otaibi. Dia ini adalah seseorang seniman dari Arab Saudi. Dalam gambar ini, dia menginginkan menerangkan tentang begitu besarnya cinta seseorang anak pada kedua orang tuanya walau mereka telah tiada.

3 Hiu Di Jalan

ngonoo. com

Saat terjadi suatu bencana, ada saja orang yang mengambil peluang dalam kesempitan untuk menarik perhatian atau mencari satu sensasi. Seperti yang berlangsung saat bencana badai Sandy menerjang Amerika Serikat pada akhir 2012 lantas. Didunia maya mengedar satu photo hiu berkeliaran di jalan sepanjang badai Sandy berlangsung.

Sudah pasti photo ini menghebohkan beberapa orang hingga mereka menjadi ketakutan untuk pergi keluar waktu lihat bebrapa photo hiu ini. Mereka menganggap nyata bebrapa photo hiu itu. Walau sebenarnya bebrapa photo hiu yang berkeliaran di jalan itu hanya satu cara photoshop belaka. Jadi dengan kata lain berita ini adalah hoax.

5 Selfie di Lokasi Bom Sarinah

khsblogdotnet. wordpress. com

Photo yang satu ini belum lama berlangsung, tepatnya pada Kamis, 14 Januari 2016 lalu saat terjadinya peristiwa pemboman di Sarinah, Jakarta. Seperti biasa, sesudah satu kejadian, timeline social media diramaikan dengan bebrapa tulisan photo dan meme-meme yang di buat oleh netizen. Nah, photo ini adalah satu diantara hasil dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

Sepanjang beberapa hari, photo ini jadi viral didunia maya yang disebar oleh bebrapa akun social media. Berbagai komentar terus berdatangan menanggapi photo ini. Tetapi nyatanya, photo ini hanya rekayasa semata alias hoax. Sesungguhnya photo ini adalah dua photo yang berbeda yang diedit sedemikian rupa hingga tampak nyata

No comments:

Post a Comment