Friday, September 2, 2016

Presiden Korea Utara Eksekusi Mati Mentri, Hanya Hoaks

Pejabat Korea Selatan dari Kementerian Unifikasi mengatakan Kim Yong-jin adalah salah satu wakil perdana menteri Korea Utara yang membawahi antara lain bidang pendidikan.
korut eksekusi mati mentri
Para pejabat tidak menjelaskan bagaimana mereka mendapat informasi tentang hal ini.
Bulan Mei lalu, seorang pimpinan militer Korea Utara yang disebutkan telah dieksekusi, ternyata masih hidup dan menghadiri acara-acara resmi.
Jenderal Ri Yong-gil dilaporkan telah dieksekusi pada bulan Februari tetapi tetapi kemudian tampil di kongres partai Korea Utara -menunjukkan betapa sulitnya mendapatkan informasi yang akurat dari Korea Utara.
Kementerian unifikasi, departemen pemerintah Korea Selatan yang mengelola hubungan dengan Utara, bersama dengan dinas mata-mata, adalah sumber utama Korsel terkait informasi tentang Pyongyang.
Kementerian unifikasi juga mengatakan seorang menteri yang bertanggung jawab untuk intelijen dan hubungan antar-Korea, Kim Yong-chol, telah dikirim untuk re-edukasi bersama dengan pejabat lainnya, yang disebut namanya adalah sebagai Choi Hwi, selama satu bulan pada pertengahan Juli.

Mungkinkah 'eksekusi' ini dikukuhkan?

Korea Utara sendiri sangat jarang memberikan konfirmasi atas laporan-laporan seperti itu. Eksekusi terakhir yang diinformasikan resmi Pyongyang adalah paman Kim Jong-un sendiri, Chang Song-thaek pada tahun 2013.
Konfirmasi terkuat bahwa seorang pejabat dieksekusi biasanya hanya berupa menghilangnya sang pejabat dari pemberitaan media.

No comments:

Post a Comment