loading...

Tuesday, September 20, 2016

Mantan Pemain Sepak Bola ini Dicerca Gara-gara Nasi Goreng

Mantan pemain sepak bola Rio Ferdinand tiba-tiba menjadi kontroversi di media sosial, tapi ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan olahraga. di hina gara-gara nasi goreng
Rio Ferdinand membagi cerita perjalanannya ke Singapura di media sosial, dan pada Sabtu lalu dia mengunggah foto selfie dengan nasi goreng di Twitter dan Instagram, menggunakan tagar Singapura.

"Nasi goreng lunch... Keep it local in #Singapore," begitu kutipan kicauan yang kini di-retweet lebih dari 1.500 kali.

Pengguna media sosial langsung ramai karena mereka merasa itu adalah sebuah kesalahpahaman regional. "Itu sebenarnya makanan Indonesia. Tidak ada 'nasi' dan 'goreng' di Singapura," kata @Agungbusby.

"Nasi goreng makanan orisinil dari Indonesia, bukan dari Singapura," kata yang lain.

Tidak semua orang mengkritik mantan pemain internasional Inggris ini. Seorang pengguna malah menulis, "Orang-orang Indonesia ini suka mengklaim tiap makanan asalnya dari negara mereka."

Lainnya berkomentar, "Orang Indonesia marah dan mengklaim nasi goreng milik mereka, tetapi tidak mau klaim kalau mereka yang menyebabkan kabut asap."
Nasi goreng dari mana?

Kicauan Rio Ferdinand juga memicu perdebatan tentang asal nasi goreng. Saat sejumlah pengguna mengatakan itu adalah makanan khas Indonesia, lainnya berpendapat bahwa itu adalah menu umum di mayoritas negara Asia Tenggara - bukan spesifik Indonesia saja.

"Akan ada orang Indonesia yang mengatakan itu dari Indonesia. Tapi bukan. Itu dari nusantara. Tidak cuma Indonesia," kata akun ‏@imfdhl.

Terlepas dari itu, Chef Degan Septoadji mengatakan bahwa makanan Indonesia memang terkesan kurang dikenal di luar negeri.

"Restoran Indonesia di luar negeri sangat minim, bagaimana orang bisa tahu tentang kuliner khas kita. Restoran Malaysia atau Singapura (misalnya) juga menjual nasi goreng, rendang, sambal, sate dan lain-lain," tambahnya.

"Beda dengan negara lain, kalau seperti sushi, orang sudah tahu itu dari Jepang, Tom Yam dari Thailand, Kimchi Korea... agak susah untuk kita mau punya identitas kuat di luar negeri seperti kuliner lain karena hanya bisa dilakukan restoran-restoran Indonesia," kata Degan kepada BBC Indonesia.
 mantan pemain bola di cerca gara-gara nasi goreng
Rio Ferdinand mengklaim dia belum pernah punya pengalaman buruk satupun ketika mengunjungi negara-negara Asia Tenggara.

Makanan dan Ferdinand pernah menjadi topik kontroversial sebelumnya. Dalam autobiografinya, dia mengklaim mantan manajer Manchester United David Moyes marah pada tim dengan melarang konsumsi kentang goreng sebelum pertandingan.

Terkait nasi goreng, mantan pemain bertahan ini pernah berkicau tentang itu sebelumnya pada Juni 2011. Dia mengklaim bahwa ini adalah "makanan paling populer Indonesia." Dia juga pemilik restoran di Manchester.

Menanggapi reaksi yang cukup beragam ini dia berkomentar, "apakah betul ada kegemparan karena kicauan nasi goreng saya? Santai kawan, 'lokal di Asia Tenggara... coba lihat perjalanan saya di Indonesia... selesai! 1Love!"

No comments:

Post a Comment