loading...

Tuesday, August 30, 2016

Manusia Tertua Di Dunia Berasal Dari Indonesia, Inilah Aktivitas kesehariannya

Sodimejo atau Mbah Gotho, seorang kakek yang tinggal di Dukuh Segeran, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah, kini menjadi sorotan. Kakek berusia 145 tahun ini disebut-sebut jadi manusia tertua di dunia. Bagaimana kesehariannya kini?
 manusia tertua

Mbah Gotho tinggal di sebuah rumah sederhana di Dukuh Segeran. Pria kelahiran 31 Desember 1870 itu kini semakin sering didatangi perangkat desa, kecamatan, dan wartawan.
 manusia tertua
Sehari-hari, Mbah Gotho masih terlihat segar bugar. Dia pun melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mandi, tanpa minta bantuan orang lain. Bahkan, dia masih bisa bisa menyapu halaman rumahnya dan masih bisa mencabuti rumput halaman rumah. 

Mbah Gotho yang hidup bersama cucunya, Suryanto, menekuni profesi mencari ikan di Sungai Bengawan Solo. Sebab, rumahnya memang dekat dengan aliran sungai tersebut.
 
Seperti layaknya orang yang sudah rentan, pendengaran Mbah Gotho pun berkurang. Orang yang ingin bicara dengannya harus bersuara kencang.

Mbah Gotho bercerita sudah melihat pembangunan pabrik gula di wilayah Desa Kedung Banteng, Gondang, Sragen. Pembangunan pabrik gula Kedung Banteng, Gondang itu diketahui dilakukan pada 1880.

Dari cerita tersebut pula diyakini bahwatanggal lahir Mbah Gotho yang tertera di kartu identitas dan revisi Kartu Keluarga adalah benar yakni 31 Desember 1870 .

Jika bukti-bukti Mbah Gotho lahir pada tanggal tersebut di atas benar, Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto berjanji mencari pengakuan resmi dan memasukkan Mbah Gotho sebagai manusia tertua di dunia.

Sebelumnya, Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sragen mengadakan penelusuran sejarah. Ternyata, manusia tertua di dunia saat ini hidup di Bumi Sukowati tersebut.

No comments:

Post a Comment