Friday, July 15, 2016

Yang Belum Paham Maen Pokemon Go, Inidia Caranya

 Akhirnya! Ya, kata itulah mungkin yang diucapkan oleh gamer yang menanti kedatangan Pokemon Go. Pun hanya sebatas game mobile, antusias gamer di berbagai penjuru dunia terbilang luar biasa, sampai-sampai mengalahkan antisipasi peluncuran game konsol atau PC sekalipun.


Bahkan Nintendo dan Niantic sendiri sepertinya tidak menyangka game buatannya ini bakal melejit populer. Tak hanya digandrungi oleh kaum gamer, kaum awam pengguna gadget pun tertarik untuk menginstallnya.

Meski memang, banyak yang kurang paham bagaimana cara memainkannya. Nah, bagi yang bingung dalam memainkan Pokemon Go, Kami akan memberikan tutorial bermain Pokemon Go.

Sangat disayangkan peluncuran Pokemon Go tidak tersebar secara merata. Ketika pertama kali dirilis, Nintendo hanya menyebarkan Pokemon Go di dua negara, yakni negara Australia dan Selandia Baru, menyusul kemudian Amerika Serikat. Penyebabnya, tak lain karena Nintendo ingin membenahi dulu kapasitas server dari Pokemon Go.

Nah, lalu bagaimana dengan nasib gamer Indonesia? Masih harus menunggu rilis resmi walau ada cara jika mau memainkannya. Untuk pengguna Android, Anda bisa mengakalinya dengan menginstal file Pokemon Go APK yang tersedia di berbagai situs. Pun cara ini bisa dibilang ilegal dan rentan terhadap serangan malware.

Lembaga keamanan internet Proofpoint beberapa waktu lalu menemukan adanya file Pokemon Go yang disusupi malware berjenis remote access tool (RAT). Dengan malware itu, ponsel Anda akan sepenuhnya bisa dikendalikan oleh hacker.

Pokemon Go tengah mewabah di berbagai penjuru dunia.


Namun, ada pula file APK yang aman untuk diinstal. Pastikan dulu Anda mengaktifkan setelan instal dari sumber luar pada menu security dalam opsi setting Android Anda. Pokemon Go pun siap dimainkan.

Sementara itu untuk pengguna iOS, sama halnya dengan Android, Pokemon Go juga belum tersedia di App Store Indonesia. Untuk bisa menginstall Pokemon Go, dibutuhkan ID App Store Amerika Serikat.

Masuk pertama kali Anda langsung akan dihadapkan menu login. Di sini Anda bisa memilih untuk login dengan menggunakan akun Google atau membuat akun Pokemon Trainer Club. Untuk lebih mudahnya, cobalah pilih menggunakan akun Google.

Setelah masuk, Anda akan mengisi tanggal lahir lalu berjumpa dengan Professor Willow. Bak permainan RPG (role-playing game), Anda harus membuat karakter bedasarkan jenis kelamin, pria dan wanita. Sayang, pilihan aksesoris trainer Pokemon Go menurut kami kurang variatif dan monoton.

Ketimbang memilih model rambut, Anda hanya bisa memilih warna rambut. Begitupula dengan cetakan wajah yang semuanya dibagi sama rata. Ya, mungkin karena game ini menitikberatkan pada Pokemon, bukan trainer.


Ayo Tangkap Pokemon!
Begini tampilan menangkap Pokemon, antara AR mode dan biasa.


Setelah berdandan, Professor Willow akan mengajak Anda menangkap Pokemon untuk pertama kalinya. Ada tiga Pokemon yang langsung muncul di sekeliling Anda, yakni Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle.

Pilih salah satu yang dinginkan dan Anda langsung akan masuk ke tampilan tangkap Pokemon. Menangkap Pokemon dalam permainan ini cukup mudah, tapi dibutuhkan ketangkasan dalam melempar bola. Cara lemparnya, yakni hanya dengan men-swipe Pokeball ke arah Pokemon berada.

Ada dua tampilan yang bisa digunakan, yakni augmented reality (AR) mode atau tampilan animasi biasa. Bagi yang menggunakan AR mode, mode ini memanfaatkan kamera belakang dan memproyeksikan Pokemon seoalah-olah berada benar-benar di dunia nyata.

Namun, bagi yang tak ingin repot celingak-celinguk mencari pokemon, bisa mematikan AR mode dan beralih ke tampilan animasi dengan men-switch tombol di pojok kanan atas.

Masing-masing tipe Pokemon yang muncul bisa disesuaikan dengan lokasi tempat Anda berada. Misal, Anda ingin menangkap tipe Pokemon air, mungkin bisa berada dekat dengan wilayah yang diidentifikasi terdapat air, semisal sungai atau danau



Bermain Sekaligus Berolahraga
Lokasi Pokestop bisa memiliki tempat yang beragam.


Bermain Pokemon Go selain menyenangkan juga bisa menyehatkan. Mengapa? Karena kita dituntut aktif untuk bergerak menyusuri sudut jalan. Ya, pada dasarnya game ini memanfaatkan sistem geo-location atau GPS.

Dengan kata lain, peta yang dipakai dalam permainan merupakan peta asli di dunia nyata. Dalam peta Anda akan menemukan beberapa titik yang disebut Pokestop dan Gym.

Pokestop merupakan sebuah lokasi untuk mendapatkan item in-game. Sementara Gym adalah tempat bagi trainer untuk bertarung Pokemon dengan trainer lainnya.

Gym adalah tempat di mana para trainer berkumpul dan mengadu Pokemonnya.


Dengan demikian bila Anda ingin mendapatkan item dan bertarung dengan Pokemon, Anda tentu harus bergerak menyambangi Pokestop dan Gym. Tak cuma itu, Pokemon dalam Pokemon Go selain didapat dari hasil menangkap, juga bisa didapat dengan menetaskan telur yang diperoleh dari Pokestop.

Namun, untuk bisa menetaskan telur gamer wajib berjalan minimal 2 km. Selain berjalan kaki, Anda juga bisa mengakalinya dengan berkeliling menggunakan sepeda. Tentu, harus disertai dengan kewaspadaan dan kehati-hatian agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain.

sumber: http://inet.detik.com

No comments:

Post a Comment