Wednesday, May 25, 2016

Wow di Bandung Selama 4 Bulan Tercatat 26 Kasus kekerasa Seksual

Jumlah kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur di Kota Bandung cukup tinggi. Setidaknya, dalam kurun waktu empat bulan pertama tahun ini saja sudah 26 kasus yang ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Bandung.


Wakasatreskrim Polrestabes Bandung Kompol Fajar Widyadharma menyebutkan, sepanjang tahun 2015 penanganan kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur mencapai 91 kasus, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 82 kasus.

Menurutnya, kasus-kasus itu terjadi karena berbagai faktor. Salah satu hal yang menjadi faktor utama adalah keterbukaan informasi yang semakin pesat.

"Secara umum kita tahu, keterbukaan informasi sangat canggih. Faktor utama penyebab kasus-kasus itu terjadi ya karena adanya kecanggihan teknologi," tutur Fajar di Mapolrestabes Bandung, Jumat (13/5/2016).

Akses internet, kata Fajar, saat ini tak terbatas. Tak cuma di warnet, saat ini siapa pun bisa mengakses internet melalui beragam alat dan cara.

Selain kekerasan seksual, pada periode 2014 hingga 2016 Unit PPA juga mencatat enam jenis pelanggaran hukum lainnya dengan korban anak di bawah umur. Kekerasan fisik tercatat ada 29 kasus, diskriminasi 26 kasus, penelantaran tujuh kasus,trafficking empat kasus, dan eksploitasi lima kasus.

No comments:

Post a Comment