Sunday, April 24, 2016

Inilah Rahasia Kecerdasan Dr. Zakir Naik

Bagi kamu yang pernah menonton video Dr. Zakir Naik saat sedang ceramah, mungkin kamu akan melihat bagaimana beliau menjawab banyak pertanyaan dari kusioner dengan sangat detail dan mendalam. Hal ini pun tentu saja berkaitan dengan daya ingat Dr. Zakir Naik dalam menghafal banyak literature terutama kitab-kitab suci.
 zakir naik

Nah, yang menarik, dalam sebuah video ceramah di Youtube, Dr. Zakir Naik mendapat pertanyaan dari seorang wanita bernama Wandena yang menyangkut daya ingat Dr. Zakir Naik yang luar biasa.
“Bagaimana saudara bisa menghafal banyak dalil (termasuk Qur’an dan kitab suci lain) dengan sangat fenomenal?”
Dr. Zakir Naik pun menjawab dengan sangat lembut:
”Saudari ini mengatakan bahwa hafalanku sangat fenomenal, dan jujur ini merupakan pemberian Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan apakah ada ayat Al Qur’an yang menyingung soal hafalan?”
Dr. Zakir Naik juga mengatakan bahwa rahasianya tersebut didapat dari Al-Qur’an.
“Banyak orang bertanya dengan hal yang sama padaku; apakah rahasianya? Apakah saya memiliki chip computer di otak? Rahasianya ada di dalam Al Quran,” ujarnya sambil mengangkat mushaf.
Lebih lanjut, penceramah dengan gaya khasnya tersebut menambahkan bahwa dalam pelatihan program dakwah yang dimotorinya, ia memberikan fokus tiga hal. Pertama, adalah selalu bertawakal pada Allah. Hal ini juga sesuai dalam surat Ali Imran ayat 160:
“Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada orang yang bisa mengalahkanmu. Jika Allah membiarkanmu, maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu selain dari Allah. Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal”.
Yang kedua, Dr. Zakir Naik mengajarkan pada murid-muridnya untuk selalu bekerja keras. Sesuai dengan apa yang disebutkan dalam Surat Al Ankabut ayat 69:
“Jika kamu berjihad untuk (mencari keridhaan) Allah, Allah akan benar-benar menunjukkan kepadamu jalanNya.”
Dan yang ketiga, muridnya-muridnya harus bekerja secara teknis. Teknis di sini adalah: selalu beriman kepada Allah. Memang, banyak murid-murid Dr. Zakir Naik yang bergelar MBA karena selalu mengutakaman teknik ini. Ia pun menjelaskan bahwa pada awalnya, murid-muridnya termasuk orang-orang yang pintar, namun sering mengalami kegagalan. Kemudian Dr. Zakir Naik mengatakan kalau kita selalu berjuang di Jalan-Nya, kita akan selalu mendapatkan kesuksesan.
“Allah SWT merupakan penolong terbaik melebihi dari bentuk apapun atau teknik segitiga dan apapun bentuknya.” lanjutnya.
Dr. Zakir Naik juga mengajarkan kepada murid-muridnya untuk tak pernah lelah menghafal surat dan ayat-ayat dalam Al-Qur’an. Dengan cara demikian otak akan terisi banyak jawaban yang sering diajukan. Selain itu, sesuai dengan Surat Thaha ayat 25-28 yang artinya:
“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”
Surat tersebut juga sering dilafalkan Dr. Zakir Naik sebelum memulai ceramahnya.
Hal ini tentu saja bisa memotivasi diri kita untuk lebih semangat dalam menuntut ilmu dan memahami dalil-dalil yang ada. Tentu saja, semuanya juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan didakwahkan kepana seluruh umat.

No comments:

Post a Comment