loading...

Tuesday, February 2, 2016

Wow..! Harta Karun Senilai 51.2 Milyar ditemukan Setelah 50 tahun Merana


harta karun

Koleksi 8 motor langka Brough Superior yang pernah diciptkan hanya 308 unit saja di dunia, ditemukan di dalam sebuah gudang tua kawasan Cornwell, Inggris. Kabar penemuan 'harta karun' tersebut dalam sekejap langsung menggegerkan dunia bukan hanya karena variannya yang telah punah dan bahkan sempat dianggap hanya sebuah mitos, tapi juga nilainya yang luar biasa besar.
'Penggalian' warisan sejarah ini menurut para ahli kepada dailymail, Senin (14/12/2015), merupakan penemuan terbesar sepanjang sejarah selama satu dekade terakhir.

Menurut catatan, Brough Superior dibangun pada 1924 hingga 1940 saja oleh TE Lawrence atau lebih mahsyur dikenal dengan Lawrence of Arabia. Setelah ia meninggal pada tahun 1935 karena kecelakaan saat mengemudikan Camaro SS miliknya, perusahaan yang dinahkodainya itu pun perlahan-lahan karam.

Koleksi motor yang sudah ada sejak zaman perang dunia tersebut dipunyai oleh Frank Vague, salah satu member Brough Superior Club yang juga telah meninggal dunia. Selama hidupnya, Vague sudah mengoleksi banyak kendaraan sejak tahun 1960an. Dan itu berarti, setidaknya sudah 50an tahun motor-motor itu tersimpan di dalam gudang hingga berlumuran dengan debu.

Jika sedikit saja dipoles dan kelihatan lebih baik, motor-motor itu bisa saja dijual dengan harga mencengangkan, yakni £300,000 atau sama dengan Rp 6,4 miliaran per unitnya. Maka dengan total 8 motor, keseluruhan nilainya mencapai Rp 51,2 miliaran!

George Brough menyebut motor-motor legendaris ini dengan sebutan motor Rolls-Royce. Bukan hanya sebuah julukan belaka, tapi George sendiri memang telah mendapatkan izin dari perusahaan Rolls-Royce asal Inggris itu untuk memakai nama mereka.

Selain itu, di masa kejayaannya Brough Superior juga terkenal sebagai varian super mewah dan eksklusif sehingga cocok jika disebut sebagai Rolls-Royce-nya jagat sepeda motor.

No comments:

Post a Comment