Friday, January 1, 2016

Setelah Membaca Curhatan Pramugari Ini, Apakah Kamu masih Memandang Sebelah Mata


Jika kamu masih berpikiran, "enak ya, jadi pramgugari. Gaji gede keliling kota bahkan negara terus kerjaannya." Eits sebaiknya kamu buang jauh-jauh deh bahwa pekerjaan sebagai pramugari itu enak-enakan saja. Mereka pergi keliling kota antar kota, antar negara, antara benua semua karena tuntutan profesi. Sebesar apapun gaji mereka, mereka juga harus memikul beban dan risiko besar setiap harinya.

Bagi kamu yang masih suka melihat pramugari dengan sebelah mata atau kamu lihat "enaknya" aja, yuk mendingan simak 15 suara hati pramugari yang jarang diketahui banyak orang.
1. Seletih apapun, mereka tetap tersenyum menyambut penumpang
 pramugari
foto: http://zetsu.blog.com
Kamu sadar nggak setiap akan masuk dan turun dari pesawat para pramugari selalu menyambutmu dengan senyum? Ya gitu pekerjaan mereka, harus bisa selalu senyum dan ramah pada penumpangnya. Seperti yang ditegaskan Isa Iskandar Usman, Direktur Utama sebuah lembaga training pramugari. "Pramugari itu harus senyum setiap waktu serta hangat dalam melayani penumpang," katanya beberapa waktu lalu.
2. Mereka mendapat pelatihan militer
 pelatihan militer
foto: http://p3nusantara.co.id/ 
Pramugari pun tugasnya nggak kalah berat dengan para tentara di perbatasan lho guys. Dalam pendidikannya, mereka pun mendapat pelatihan militer seperti tinggal di hutan beberapa hari dan hanya memanfaatkan bahan seadanya, kemampuan berenang yang luar biasa. Untuk apa? Agar mereka masih bisa mengurusi penumpang jika ada kondisi-kondisi yang mendesak.
3. Pramugari boleh makan setelah seluruh penumpang mendapat makanan
foto: http://www.memobee.com
Saat kamu bisa menikmati makanan yang disajikan para pramugari ke kursimu, para pramugari harus menunggu dulu. Mereka baru akan makan setelah memastikan tidak ada penumpang yang belum mendapatkan makanan.
4. Mereka juga makan sama seperti yang kamu makan
foto: dipoetri.files.wordpress.com
Nggak ada perlakuan istimewa untuk pramugari termasuk makanannya. Mereka juga makan sama seperti menu yang penumpang makan, tidak lebih enak.
5. Jam kerja yang tidak tentu, bisa pagi buta sampai larut malam
foto: http://yovieardhi.blogspot.co.id/ 
Jika kamu berpikiran jadi pramugari itu enak, tinggal duduk saja di pesawat dan jalan-jalan, sebaiknya segera buang jauh deh pikiran itu. Kamu nggak tahu kan, saat kamu belum bangun tidur, pramugari sudah siap bekerja bahkan sedang dalam penerbangan. Atau saat kamu tidur pulas, mereka masih harus berada di atas pesawat.
6. Tujuh kali penerbangan setiap hari sama dengan bertaruh nyawa 7 kali sehari
foto: http://www.memobee.com
Kamu bisa membayangkan bagaimana pertaruhan nyawa seorang pramugari? Dia yang menjalani 7 kali penerbangan misalnya dalam sehari, dia akan merasakan deg-degan dan kekhawatiran yang sama setiap hari. Coba bayangkan jadi mereka.
7. Harus jauh dari keluarga sementara melihat keluarga lain liburan
foto: http://www.jurusankuliah.info 
Para pramugari juga akan jarang liburan, karena saat musim liburan kerja mereka malah semakin ekstra. Biasanya cuma mendapat cuti tahunan. Selain itu menjadi pramugari harus siap jauh dari keluarga.
8. Pramugari harus selalu terlihat segar meskipun keringetan parah
foto: merdeka.com
Saat ada penumpang mengeluh AC kurang dingin, percayalah pramugari pun juga merasakannya. Bahkan mereka malah nggak boleh ikut marah atau menggerutu. Saat penumpang mengeluh atau banyak protes pramugari senantiasa melayaninya dengan sabar. "Pramugari nggak boleh ikut marah, bahkan mereka harus selalu terlihat fresh dan cantik," jelas Isa.
9. Harus selalu segar meskipun nggak tidur 2 hari 2 malam
foto: http://flightrack.blogspot.co.id
Apapun kondisinya, seorang pramugarai memang dituntut untuk selalu tampil segar. Nggak cuma cantik saja, namun raut muka yang cerah dan selalu bersemangat dalam menyambut penumpang. "Selelah apapun, kalau bisa jangan sampai terlihat oleh penumpang. Ini adalah bentuk profesionalisme seorang pramugari," terang Isa menambahkan.
10. Bersabar saat mendapat godaan dari penumpang
foto: img.okezone.com
Namanya penumpang itu bermacam-macam asalnya. Ada yang baik dan juga penumpang yang suka genit. Nggak jarang para pramugari mendapat perlakuan kurang sopan dari para penumpang, seperti digoda atau digombali penumpang hidung belang.
11. Pramugari yang membersihkan saat kamu seenaknya membuang sampah sembarangan
foto: http://boombastis.com
Sebaiknya, saat di pesawat jadilah penumpang yang smart dan tidak merepotkan pramugari. Buanglah sampah pada tempatnya, jangan malah seenaknya sendiri. Karena para pramugarilah yang nantinya juga akan membersihkan sampah yang kamu buang sembarangan itu.
12. Staf pramugari yang muslim juga tetap bertayamum saat mau shalat
foto: rinaldimunir.files.wordpress.com
"Seorang pramugari itu harus memiliki bekal keimanan yang kuat, di manapun mereka berada sebaiknya nggak lupa beribadah," ujar suami dari Sri Indaryati ini. Mereka juga akan bertayamum saat akan menunaikan sholat, nggak ada perlakuan khusus apalagi istimewa.
13. Mereka bisa menjadi negosiator, bidan, bahkan penjinak bom
foto: http://artikelunikrosa.blogspot.co.id
Bahwa sejatinya pramugari adalah orang yang paling bisa diandalkan di pesawat saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Makanya selama pendidikan, para pramugari juga dibekali kemampuan bernegosiasi, melakukan pertolongan pertama pada penyakit, bahkan dibekali untuk membantu persalinan dan juga sebagai penjinak bom.
14. Pramugari selalu berdoa agar setiap penerbangan lancar
foto: hendricuswidiantoro.files.wordpress.com 
Saat penerbangan dimulai, para pramugari juga akan senantiasa berdoa untuk keselamatan penerbangan dan para penumpang semua. Agar tugasnya hari itu tidak menemukan hambatan dan bisa sampai ditujuan dengan selamat.
15. Percayalah, para pramugari pun sebenarnya ingin di posisimu
foto: merdeka.com 
Sebesar apapun gaji para pramugari, sesring apapun mereka mengunjungi tempat baru percayalah guys jika disuruh memilih mereka akan lebih memilih diposisi kamu, sebagai penumpang. Di posisimu yang sedang bersama keluarga untuk liburan, bukan posisi sebagai pramugari yang sedang bekerja.

No comments:

Post a Comment