loading...

Saturday, January 9, 2016

Inilah Alasan Umar Bin Khattab di Takuti Bangsa Jin

Sebelum masuk islam, Umar bin Khattab merupakan salah satu tokoh kafir Quraisy yang sangat membenci Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam. Umar merupakan pribadi yang kuat dan tegas, ditakuti oleh orang-orang muslim kala itu. Namun, berkat hidayah Allah melalui doa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, Umar bin Khattab akhirnya masuk Islam.
umar

“Ya Allah, kokohkanlah Islam dengan salah satu dari dua orang yang paling engkau cintai, Umar bin al-Khattab, atau Abu Jahal Bin Syam” Ternyata yang dikabulkan oleh Allah adalah Umar bin Khattab.
Jika para sahabat lain masuk islam dengan cara sembunyi-sembunyi, Umar dengan kegagahannya mengumumkan dirinya telah masuk islam ke seluruh kota Makkah. Dan tidak ada yang berani seorangpun yang menentang Umar. Justru orang-orang kafir Quraisy bertambah takut menghina umat muslim setelah Umar menjadi seorang Muslim.

Umar Bin Khattab Ditakuti Jin

Ternyata tidak hanya kafir Quraisy yang takut kepada Umar bin Khattab. Makhluk sebangsa jin juga takut kepadanya. Sebagaimana terdapat dalam riwayat shahih, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah bersabda kepada Umar bin Khattab tentang keutamaannya.
“Wahai Ibnul Khattab (Umar), demi Allah yang jiwaku berada ditangan-Nya, tidaklah setan bertemu denganmu disuatu jalan melainkan ia akan mengambil jalan lain dari jalanmu” [HR Bukhari no 3480]
Masya Allah, betapa hebatnya Umar bin Khattab sehingga para setan pun menghindar jika bertemu dengannya.

PertarunganUmar bin Khattab Melawan Jin

Suatu hari, di sebuah jalan kota Madinah, Umar bin Khattab mendapati jin yang mengaku dirinya paling kuat diantara bangsanya. Umar kemudian menantangnya untuk bertarung. Tak beberapa lama, perkelahian dimenangkan oleh Umar.
Umar bin Khattab lalu berkata kepada lelaki dari bangsa jin tersebut, menanyakan kenapa lengan jin itu kurus mirip seperti lengan anjing. Jin tersebut menjawab bahwa dirinya merupakan jin yang kuat diantara jin dari bangsanya.
Kemudian jin itu menantang balik Umar bin Khattab karena pada pertarungan pertama ia merasa tak puas. Tapi Umar masih terlalu kuat, jin itu pun kembali terkapar. Dalam sebuah riwayat bahkan Umar merasa geram dan tidak melepaskannya lalu Umar bertanya kepada lawannya:
“Aku tidak akan melepaskanmu hingga kalian memberitahukan sesuatu yang bisa melindungi kami (bangsa manusia) dari kalian (bangsa jin)”
Dengan sangat ketakutan, jin itu pun menjawab tegas dan pasti, “Ayat Kursi”
Dari kisah pertarungan Umar bin Khattab dengan jin tersebut bisa diambil hikmahnya bahwa setan dari bangsa jin paling takut jika dibacakan kepadanya ayat kursi. Jadi, sekarang tak perlu takut, umat muslim punya senjata ‘ayat kursi’ untuk melawan setan dari bangsa jin.

No comments:

Post a Comment