loading...

Friday, December 4, 2015

Produk IT Islami Pertama di Dunia


Sebuah perusahaan berbasis di Dubai meluncurkan apa yang mereka sebut sebagai 'produk IT Islami pertama di dunia'. Produk tersebut merupakan paket yang terdiri dari aplikasi mobile, router dan tablet.

Diluncurkan oleh X-Concept di pameran GITEX di Dubai pada 19 Oktober, produk tersebut mendapat dukungan dari ulama Islam terkenal seperti Dr Zakir Naik, Shaikh Assim Al Hakeem dan Shaikh Yusuf Estes.
 Produk IT Islami Pertama di Dunia
CEO X-Concept, Asim Sajwani, yang memegang gelar master telekomunikasi dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), mengatakan bahwa semua produk telah dirancang dan direkayasa di Dubai.
Seperti dikutip dari Gulf News, Sabtu, 5 Desember 2015, Sajwani mengatakan aplikasi mobile bernama iMurshid adalah aplikasi Islami yang terbesar dan paling komprehensif hingga saat ini.
"Kami merasa perlu untuk mengembangkan sesuatu yang otentik karena banyak informasi yang menyesatkan beredar di Internet seperti ritual salat, zakat, umrah, haji atau bahkan tafsir Alquran. Jadi kami meminta dukungan dari Dr Zakir Naik dan 54 ulama lainnya untuk memberikan masukan yang kredibel," kata Sajwani.
Menurutnya aplikasi iMurshid memiliki 46 modul dan jumlahnya akan ditambah hingga 156 modul pada akhir tahun 2016. "Ini adalah aplikasi gratis, yang dapat didownload baik di iOS dan Android," katanya.
iMurshid berisi segala informasi tentang pendidikan Islam, mulai dari waktu salat lokal, arah kiblat, kalender Islam, terjemahan dan tafsir Alquran dalam tujuh bahasa. Modul lainnya adalah kalkulator zakat, TV dan radio Islami, wallpaper Islami dan portal jodoh dan lowongan kerja.
Dia mengatakan aplikasi ini juga ramah anak-anak karena memiliki banyak modul yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Termasuk 365 cerita Islami dan 300 pelajaran dalam bahasa Arab. "Aplikasi ini juga menyediakan konsultasi gratis tentang pernikahan, keluarga, warisan dan lain-lain yang diasuh ulama."
Sementara itu, router Islami adalah router tercepat dari jenisnya dan dilengkapi dengan firewallcloud Islami.
"Pada Januari, kami juga akan meluncurkan fasilitas yang memungkinkan orang tua dapat melacak sampai di mana anak-anak mereka telah mempelajari Alquran selama satu minggu," jelas Sajwani.
Sajwani mengatakan tablet Islam mencakup berbagai fungsi dari bermain game hingga mengevaluasi dan mengelola anggaran.
Meski pun iMurshid dapat diperoleh secara gratis, router dapat dibeli seharga 599 dirham (sekitar Rp 2,2 juta) di islamic-router.com. Tablet, yang akan tersedia dari bulan Februari tahun depan, dibanderol dengan harga 999 dirham (sekitar Rp 3,7 juta).

No comments:

Post a Comment