loading...

Sunday, December 13, 2015

Inilah Cara Unik Google Merekrut Karyawan, ada yang mau coba..?


Google adalah salah satu perusahaan yang paling menarik untuk diamati. Bagaimana raksasa teknologi itu berkembang menjelma menjadi kekuatan teknologi, banyak orang yang selalu tertarik mengetahuinya. Salah satu yang paling menarik adalah bagaimana caranya #Google mendapatkan para pekerja yang kreatif dan berdedikasi.
 google

Kreativitas para pekerja Google sudah tak perlu diragukan lagi. Hampir setiap produk yang diluncurkan oleh Google menjadi sebuah terobosan baru bagi dunia teknologi. Lantas bagaimana caranya mendapatkan kumpulan karyawan kreatif yang punya satu visi tersebut?

Menemukan Kata Kunci Unik Dari Google

Max Rosett adalah salah satu orang yang berhasil mendapatkan karir brilian di Google. Hal yang dilakukannya sangat sederhana, yaitu memberikan informasi mengenai kata kunci rahasia Google yang tepat.
Perjalanan Max Rosett di Googleplex sudah dimulai sejak 3 bulan sebelum ia bergabung dengan Google. Kala itu Max memasukkan kata kunci “python lambda function list comprehension”. Dan ternyata di luar dugaan, Max malah mendapatkan hasil pencarian yang aneh. Halaman Google menyatakan bahwa “Kau berbicara dalam bahasa kami. Ingin mengambil tantangan selanjutnya?”
Awalnya Max mengira hal tersebut hanya bagian dari lelucon Google. Ia kemudian melanjutkan hal tersebut dengan mengklik icon kecil bertuliskan “I want to play”. Akhirnya kuis Google tersebut menantang Max untuk menyelesaikan kuis pemrograman yang cukup rumit. Mantan ilmuwan data dari ApartmentList.com tersebut akhirnya merasa tertantang dengan kuis dari Google.

Memecahkan Tantangan dengan Cepat

Google memberikan waktu 48 jam bagi Max untuk menyelesaikan kuis yang diberikan. Tetapi ternyata Max berhasil menyelesaikan kuis tersebut hanya dalam waktu beberapa jam saja. Pertanyaan demi pertanyaan dari Google pun terus bermunculan. Ada 5 pertanyaan yang diajukan Google kepada Max dalam kurun waktu 2 minggu.
Setelah soal kelima berhasil diselesaikan, soal keenam meminta Max untuk mengirimkan identitas dan kontak lengkapnya. Kemudian tak lama setelah itu, tim perekrut dari Google segera menghubungi Max dan memintanya untuk melakukan wawancara pekerjaan di Google. Sungguh sebuah kejutan yang begitu mengesankan dari perusahaan sekelas Google.

Proses Perekrutan yang Istimewa

Kini Max Rosett sudah resmi menjadi bagian dari tim Google. Kadang kala Max masih tidak habis pikir dengan cara Google merekrut karyawannya. Karena kejadian yang dialaminya sungguh di luar dari dugaan.
Kejutan yang disajikan saat merekrut karyawan merupakan salah satu bagian dari selera humor Google. Dengan memilih kata kunci yang tepat dan menyelesaikan soal-soal dari Google, maka setiap orang sebenarnya memiliki kesempatan yang sama untuk bergabung dengan Google.
Setiap soal yang diajukan oleh Google diterjemahkan dalam kode hex alfanumerik sebelum disajikan kepada para penggunanya. Mengandalkan Foo.bar sebagai salah satu fasilitas untuk memberikan kuis, membuat soal-soal dari Google terkesan dinamis dan mirip seperti sebuah permainan. Dengan demikian, sesungguhnya tidak butuh omong kosong untuk bisa masuk ke Google, melainkan pembuktian skill-lah yang menjadi tujuan utama dari Google.
Melihat potensi perkembangan Google di Indonesia, semoga nantinya Google Indonesia juga melakukan cara kreatif untuk merekrut pekerja. Sehingga setiap orang yang benar-benar mempunyai kemampuan akan memiliki kesempatan yang sama untuk bergabung dengan tim raksasa teknologi tersebut.
 Detil lowongannya bisa di cek laman lowongan kerja Google www.google.com/about/careers. Masukkan parameter “Indonesia” untuk lokasi dan “Sales & Account Management” pada kolom tema or role. 


No comments:

Post a Comment