loading...

Tuesday, December 29, 2015

Inilah Beberapa Negara Yang Membayar Warganya Untuk Sekolah, Hayo siapa yang mau


Warga Indonesia merasakan betul mahalnya pendidikan. Biaya masuk tingkat Taman Kanak-Kanak bisa mencapat Rp10 jutaan. Itu masih termasuk sekolah yang standar, belum yang menggunakan embel-embel internasional. Sedangkan biaya masuk perguruan tinggi bisa menginjak angka ratusan juta rupiah.

Kondisi yang berbanding terbalik terjadi di empat negara ini. Di mana pemerintahnya menyediakan uang untuk warganya agar bisa bersekolah dari tingkat Sekolah Dasar hingga Pasca-Sarjana. Negara mana sajakah itu? Simak daftar 4 Negara Yang Membayar Siswanya Yang Mau Sekolahseperti dikutip dari Web Space TV.
1. Swedia
Negara Yang Membayar Siswanya Yang Mau Sekolah
Negara negara Skandinavia memang sudah lama dikenal membantu para siswanya secara finansial. Termasuk Swedia, di mana pemerintahnya membayar siswanya sebesar US$187 (Rp2,4 jutaan) perbulan. Jumlah ini cukup untuk menutup ongkos makanan, suplai, dan kebutuhan lain.
2. Denmark
Negara Yang Membayar Siswanya Yang Mau Sekolah
Pemerintah Denmark membayar generasi mudanya agar mau pergi kuliah. Jika para mahasiswa ini memilih untuk tinggal terpisah dari orangtuanya, pemerintah daerah tempatnya tinggal akan membantu biaya hidup mereka sekitar US$900 atau setara dengan Rp11,9 jutaan perbulan. Hak ini didapat semua warga Denmark di atas usia 18 tahun dan mendapat pendanaan hingga enam tahun selepas lulus SMU.
3. Australia
Negara Yang Membayar Siswanya Yang Mau Sekolah
Australia dikenal memiliki banyak program beasiswa untuk warga negaranya. Terutama untuk warga asli Australia yang memilih pendidikan pasca-sarjana. Namun, sulit untuk mendapat beasiswa ini jika Anda bukan warga negaranya atau berstatus pelajar asing.
4. Finlandia
Negara Yang Membayar Siswanya Yang Mau Sekolah
Satu lagi negara Skandinavia yang memudahkan pendidikan untuk warga negaranya. Anak di segala usia, mulai dari TK hingga SMU, mendapat pendidikan gratis. Para siswa ini juga mendapat gaji selama masih bersekolah.




No comments:

Post a Comment