loading...

Saturday, December 5, 2015

Inilah Amalan Yang Membuat Setan Lari Terbirit-birit


Setan adalah salah satu ciptaan Allah SWT. Setan memiliki sifat sombong sehingga Allah telah melaknat setan sebagai anak buah iblis. Iblis memberikan tugas pada setan untuk selalu menggoda manusia agar melanggar perintah-Nya dan melaksanakan larangan-Nya.

setan

Setan selalu menggoda manusia sejak ia lahir hingga hari kiamat nanti. Setan memiliki banyak trik yang digunakan dalam menjerumuskan manusia untuk berbuat maksiat sehingga ia akan masuk ke dalam neraka di akhirat kelak. Tidak semua manusia dapat tergoda dengan setan. Namun, mereka tidak berputus asa, mereka selalu berusaha keras dan kompak dalam misi ini. Meskipun ada beberapa orang dengan mudah menjadi pengikut setan, terdapat beberapa amalan yang membuat setan lari terbirit-birit dan menangis ketakutan.

Islam adalah agama yang paling sempurna. Salah satu kesempurnaan agama Islam terletak pada kitab sucinya, yakni Al-Qur’an. Segala hal dalam kehidupan dunia dan akhirat tertulis dalam Al-Qur’an. Perintah dan larangan-Nya juga dapat kita baca dalam kitab tersebut. Demikian juga dengan amalan yang dapat membuat menangis setan. Amalan ini adalah membaca ayat Sajdah.

Membaca Al-Qur’an dapat kita lakukan ketika sholat atau di luar sholat untuk mendekatkan diri pada Allah. Dalam sebuah hadist diriwayatkan bahwa setan lari terbirit-birit karena amalan ini, yaitu:

1. Ketika kita mendengarkan ayat Sajdah maka kita diwajibkan untuk melakukan sujud tilawah. Amalan ini dapat membuat para setan menagis dan ketakutan. Hal ini mendapat dukungan dari Abu Hanifah dan muridnya, serta Imam Sufyan.

2. Pendapat selanjutnya mengatakan jika kita diwajibkan melakukan sujud tilawah ketika membaca ayat Sajdah dalam sholat. Hal ini telah disampaikan oleh Imam Ahmad dan pihak lain.

3. Ketika kita membaca ayat Sajdah maka disunnahkan bagi kita untuk melakukan sujud tilawah. Hal ini mendapatkan dukungan dari Salman Al-Farisi, Umrah, dan Umar bin Khattab. Pendapat ini mempunyai dukungan cukup banyak, karena menurut mereka amalan ini tidak memberatkan secara harfiah.

Ayat sajdah terdapat dalam beberapa surah di Al-Qur’an, yakni:

1. Surah Al-‘Alaq ayat 19
2. Surah Al-Insyiqaq ayat 21
3. Surah An-Najm ayat 62
4. Surah Ha’Nim as-Sajdah ayat 38
5. Surah Shaad ayat 24
6. Surah As-Sajdah ayat 15
7. Surah An-Naml ayat 26
8. Surah Al-Furqan ayat 60
9. Surah Al-Hajj ayat 77 dan 18
10. Surah Maryam ayat 58
11. Surah Al-Isra’ ayat 109
12. Surah An-Nahl ayat 50
13. Surah Ar-Ra’d ayat 15
14. Surah Al-A’raf ayat 206

Setan adalah makhluk ghaib yang tidak dapat dilihat oleh orang biasa. Mereka berada dekat dalam kehidupan kita, bahkan mereka selalu ada di samping kita untuk menggoda manusia agar berbuat maksiat. Oleh karena itu, agar kita dapat melakukan ibadah dengan baik maka kita harus jauh dengan setan. Salah satu caranya adalah dengan membaca ayat Sajdah ini agar setan menangis ketakutan karena amalan ini.

Beberapa pendapat mengenai hukum sujud tilawah juga sudah dijelaskan. Perbedaan perndapat adalah hal wajar dalam hidup. Namun, semua itu kembali lagi kepada kita, bagaimana kita menyikapi hal tersebut sesuai dengan keyakinan kita.

Demikianlah amalan yang membuat setan menangis ketakutan dan lari terbirit-birit. Sebagai seorang muslim, kita dapat melakukan amalan tersebut agar terhindar dari jerumus setan dan lebih mendekatkan diri dengan Allah.

No comments:

Post a Comment