loading...

Sunday, December 13, 2015

Berikut Cara Google Membuat Karyawannya Betah di Kantor, Patut ditiru nih


Maka dari itu perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini selalu memprioritaskan karyawannya, salah satunya dengan cara membuat mereka betah bekerja di Silicon Valley. Lalu bagaimana cara yang dilakukan Google untuk menjadikan karyawannya betah? Berikut ulasannya.
infoluarbiasa.com

1. Makanan dan Minuman Gratis

Cara pertama yang dilakukan #Google untuk membuat karyawannnya betah adalah dengan menyediakan manakan dan minuman gratis. Ya, lokasi kantor Google agak jauh dari restoran memang membuat Google harus menyiapkan stok makanan dan minuman yang lebih. Dengan konsep dapur modern, karyawan Google bisa menikmati makan siang, malam bahkan sarapan pagi secara gratis. Selain makanan, minuman dan snack pun bisa di nikmati tanpa bayar sepeser pun.

2. Fasilitas Kebugaran di dalam Kantor

Kebugaran tubuh para karyawan Google juga tak luput dari perhatianPara karyawan Google yang ingin membuat tubuhnya bugar, mereka bisa menggunakan fasilitas gym dan kolam renang di lingkungan kantor Google secara gratis. Bahkan sukses karyawan telah menyelesaikan suatu proyek dengan baik, mereka bisa menikmati bonus pijat selama 1 jam dari therapist yang disewa Google. Jika tiba-tiba mersa tidak enak badan atau terluka saat bekerja para karywan juga bisa membuat janji dengan dokter di Googleplex.

3. Berikan Kebebasan Mengembangkan Passion

Dengan aturan 80/20 yaitu 80 persen waktu kerja di kantor dan 20 persen sisanya untuk mengerjakan proyek khusus sesuai passion karywan tentu akan membuat para karyawan mana pun lebih betah. Google sendiri telah menerapkan hal ini sejak lama. Menurut Google, kebanyakan #teknologi canggih itu justru berawal dari proyek-proyek “sampingan” para karyawan Google dalam program 20 persen tersebut.

4. Program TechStop

TechStop adalah unit tech-support yang dijaga oleh para spesialis TI terbaik di Googleplex. TechStop yang buka 24 jam sehari dalam seminggu bisa dimanfaatkan para karyawan Google yang kesulitan dengan hardware dan #software untuk meminta pertolongan. Di TechStop, para karyawan bisa akan dilayani dengan baik dari permasalahan besar seputar IT hingga permasalahan sepele seperti saat karyawan lupa membawa charger laptop dan lainnya.

5. Izin Cuti Melahirkan 

Bagi Google, anak dari para karyawan mereka merupakan bagian dari keluarganya yang akan membesarkan perusahaan. Maka dari itu, saat karyawan Google entah perempuan atau laki-laki yang isterinya akan melahirkan, maka mereka semua akan diberikan hak cuti.
Bagi Google laki-laki yang istrinya melahirkan, maka ia mendapatkan hak cuti selama 6 minggu. Sedangkan bagi Googler perempuan yang baru melahirkan, Google memberikan libur selama 18 minggu setelah sang anak lahir. Mereka semua yang sedang cuti ini akan tetap mendapatkan gaji penuh tanpa ada potongan apapun.

6. Layanan Khusus Untuk Semua Karyawan Google

Terakhir, langkah Google untuk membuat karyawannya betah adalah dengan memfasilitasi mereka dengan beragam hal. Beberapa sarana dan fasilitas yang bisa dinikmati karyawan di kantor Google secara gratis adalah fasilitas pangkas rambut atau salon, fasilitas laundry dan dry cleaning, sarana permainan ping pong, biliar, foosball alias table football dan perlengkapan video #game serta fasilitas kecil lain yang sangat mendukung pekerjaan dan kehidupan yang nyaman bagi karyawan.

No comments:

Post a Comment