loading...

Friday, December 4, 2015

7 Fakta Pembantaian Manusia di masa lalulu sungguh mengerikan

Pemusnahan manusia atau holocaust adalah tragedi paling buruk dan kelam yang pernah dialami dunia. Di masa lalu, nyawa manusia tak ubah sebuah daun yang bisa dijatuhkan lalu diinjak hingga tak bersisa. Nyawa manusia hanya dihargai dengan sebutir peluru atau sebuah ledakan yang akan membuatnya langsung hancur berkeping-keping.

Berikut beberapa fakta mengerikan yang pasti akan membuat anda tercengang. Ternyata di masa lalu dunia selalu dibayangi dengan aksi pembantaian yang super ngeri. Mari kita kupas satu-satu kengerian dari tragedi yang semoga tak akan terulang lagi.

1. Ada Sekitar 20 Juta Orang Dibantai

Kurang lebih ada sekitar 20 juta orang meninggal dunia akibat dibantai oleh diktator besar di masa lalu. Salah satu yang paling buruk dilakukan oleh Hitler dari 1933-1945 dengan total korban 5 juta orang Yahudi meninggal. Selebihnya ada pembantaian di Congo, Kamboja, dan daerah lain termasuk di Indonesia.
Ada Sekitar 20 Juta Orang Dibantai di seluruh dunia

Di masa lalu, hukum tidak ditegakkan dengan baik. Akhirnya pembantaian seperti ini dianggap wajar. Apabila hal ini terjadi di masa ini maka mereka akan terkena hukum internasional, kecuali negara yang kuat dan pandai berkilah. Anda pasti tahu negara mana saja itu.

2. Treblinka, Kamp Konsentrasi Paling Kelam

Treblinka adalah sebuah wilayah pegunungan yang dibangun oleh Nazi. Tempat ini digunakan untuk menampung sekitar 1 juta orang Yahudi yang nantinya akan dibantai tanpa ampun dan tak menyisakan 1 orang yang hidup. Itulah mengapa Treblinka dianggap sebagai kamp paling keji dan berisi sejuta mayat yang dibiarkan tergeletak.
Treblinka, Kamp Konsentrasi Paling Kelam

Satu juta orang itu ternyata hanya dibunuh oleh 150 staf militer Nazi saja. Artinya satu orang staf membunuh sekitar 6700 orang. Bisa dibayangkan bagaimana situasi Treblinka kala pembantaian super besar ini dilaksanakan dalam waktu kurang dari dua tahun?

3. Jutaan Orang Yahudi Diberi Racun Hingga Meninggal

Setidaknya ada beberapa juta orang Yahudi kala itu yang diberi racun hingga meninggal dengan cepat. Tentara Jerman jarang sekali menggunakan peluru untuk pembantaian massal. Mereka akan menyuruh banyak orang meminum air hingga meninggal di tempat.
Jutaan Orang Yahudi Diberi Racun Hingga Meninggal

Pabrik yang memproduksi racun Zyklon B yang digunakan untuk membunuh orang Yahudi masih ada sampai sekarang. Mereka saat ini memproduksi obat pembasmi tikus dan juga hama yang digunakan oleh banyak petani di Jerman.

4. Pembantaian Massal di Yunani Oleh Turki

Setidaknya 450.000-900.000 orang Yunani dibantai habis-habisan oleh Kerajaan Turki Ottoman. Mereka menyerang dan menginvasi wilayah Yunani yang kala itu mulai mengalami penurunan jumlah pasukan dan juga kekuatan.
Pembantaian Massal di Yunani Oleh Turki

Namun pembantaian ini masih menjadi polemik bahkan hingga sekarang. Pihak Turki menyangkal jika leluhurnya telah melakukan pembantaian mengerikan tanpa mempertimbangkan keselamatan rakyat sipil yang tak berdosa.

5. Perbudakan Massal Hingga Pembunuhan Tanpa Ampun di Kamboja

Setidaknya selama empat tahun dari 1975-1979, ada sekitar 3 juta warga Kamboja dibantai habis-habisan untuk kepentingan proyek. Saat itu Kamboja dipimpin oleh Khmer Rougu yang terobsesi menjadikan negara ini menjadi bentuk agrarian socialism. Ia mengadopsi prinsip ini dari Stalin dan Mao Zedong.
Perbudakan Massal Hingga Pembunuhan Tanpa Ampun di Kamboja [image source]

Ia membuat banyak warga masuk ke kamp konsentrasi. Di sana mereka dipaksa untuk membangun banyak hal dengan jatah makan dan tidur sangat sedikit. Akhirnya banyak mereka yang mati di tempat dan tak sedikit yang langsung dibunuh saat bekerja.

6. Pembangunan Museum Ras yang Telah Punah

Bukan Hitler namanya jika tidak memiliki obsesi yang sangat tinggi. Sebelum melakukan pembantaian kepada 5 juta warga Yahudi (1 juta di antaranya anak-anak), Hitler memiliki sebuah cita-cita yang ambisius. Ia ingin membuat sebuah museum yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan artefak warga Yahudi.
nazi

Diperkirakan Hitler akan mengambil sekitar ratusan sampel mayat dan segala pernak-perniknya untuk isi museum. Sayangnya apa yang diinginkannya ini tak menjadi kenyataan. Ia bunuh diri dan mengakhiri hidupnya dengan cepat.

7. Kuburan Massal yang Terlupakan

Banyak sekali kuburan massal yang dibangun pasca pembantaian massal di seluruh dunia. Kuburan itu berisi jutaan mayat manusia yang dibunuh dengan sangat keji. Saat ini kuburan-kuburan ini hampir tak ada yang merawatnya. Bahkan untuk sekadar mengingat saja tak ada orang yang melakukannya.
Kuburan Massal yang Terlupakan

Seharusnya kuburan massal ini harus dirawat dengan baik. Bagaimana pun mereka yang berada di bawah sana pernah hidup dan merasakan kehidupan yang pahit. Paling tidak mereka diberi semacam penghormatan agar nyawa yang mereka korbankan tidak sia-sia.

No comments:

Post a Comment