loading...

Saturday, December 5, 2015

4 Hal Berikut Akan Terjadi Apabila Bulan Meninggalkan Bumi


Bulan merupakan satelit bumi yang selalu mengelilingi bumi, lalu bagaimana jika bulan meninggalkan bumi? Ini yang akan terjadi jika bulan meninggalkan bumi. Keberadaan bulan sebagai satelit bumi banyak membawa pengaruh besar terhadap kelangsungan bumi, tetapi apakah Anda pernah befikir bagaimana jadinya jika bulan pergi meninggalkan bumi?

4 Hal yang Akan Terjadi Jika Bulan Meninggalkan Bumi

Mengapa bulan meninggalkan kita? Bumi dan bulan telah hidup berdampingan dari dulu dan keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat. Adanya bulan dapat membawa dampak kelangsungan hidup bumi. Satelit bumi ini dapat mempangaruhi keseimbangan bumi sehingga keberadaannya sangat penting untuk menjaga keseimbangan bumi dan juga untuk kelangsungan hidup manusia.

Menurut penelitian ternyata sejak 4,5 milyar tahun lalu bulan telah bergerak lebih jauh 18 kali dari bumi. Jadi apakah bulan akan meninggalkan bumi? dan apa jadinya jika bulan meninggalkan bumi?
Berikut adalah 4 hal yang mungkin akan terjadi jika bulan benar-benar meninggalkan bumi:

1. Menurut para ilmuwan jika bulan benar-benar meninggalkan bumi maka keadaan laut di bumi tidak akan mengalami pasang surut karena yang menyebabkan hal itu adalah adanya gravitasi bulan. Tetapi ada pendapat lainnya yang menyatakan bahwa meskipun bulan tidak ada, lautan di bumi masih akan mengalami pasang surut tetapi dengan gelombang yang lebih tinggi karena disebabkan oleh adanya gravitasi matahari.

2. Hitungan hari yang selama ini dipakai di bumi akan berubah menjadi lebih panjang dari hitungan hari sebelumnya.

3. Semakin meningkatnya aktivitas vulkanik sehingga dapat menyebabkan gempa bumi dalam skala besar serta letusan gunung berapi semakin meningkat.

4. Hal yang lebih mengerikan lagi, yaitu terjadinya perubahan poros rotasi bumi, jika hal ini terjadi maka bumi akan berputar seperti gasing yaitu kadang ke kiri dan kadang ke kanan sehingga dapat dipastikan bumi akan kehilangan keseimbangannya sehingga tidak layak untuk dihuni.

Tetapi pada kenyataanya meskipun bulan telah menjauh dari bumi tetapi keduanya telah terperangkap dalam orbitnya masing-masing dan telah terkunci dalam kekuatan gravitasi yang cukup kuat. Hal ini menyebabkan bumi dan bulan akan terus bersama, jika bumi mengalami perlambatan dalam berputar pada orbitnya maka bulan akan berputar lebih cepat. Hal ini akan terjadi secara otomatis karena adanya kekuatan gravitasi dan orbit.

Jadi dapat diprediksikan bahwa bulan tidak akan benar-benar meninggalkan bumi karena adanya keterkaitan yang sangat erat. Para ilmuwan telah menghitung bahwa bulan hanya akan bergeser menjauh dari bumi dengan kecepatan 3,8 cm pertahun, jadi jika dihitung lagi maka butuh jutaan tahun jika bulan meninggalkan bumi. Tetapi tetap saja bulan bergerak semakin menjauhi bumi perlahan-lahan.

Sebelum hal itu terjadi maka matahari akan mengalami pembesaran menjadi raksasa dan akan menelan seluruh planet tak terkecuali bumi serta satelitnya yaitu bulan. Peristiwa ini telah diprediksikan oleh para ilmuwan akan terjadi sekitar lima milyar tahun mendatang.

Jadi tidak usah panik dengan kabar bulan akan meninggalkan bumi karena hal itu akan terjadi milyaran tahun mendatang bahkan setelah bumi dan bulan habis tertelan oleh matahari. Mungkin milyaran tahun mendatang sudah banyak manusia yang akan bertransmigrasi ke planet lain untuk kehidupan yang lebih baik karena jumlah penduduk bumi akan membludak sehingga membutuhkan habitat baru yang lebih luas dan nyaman.

No comments:

Post a Comment