Friday, November 6, 2015

Manfaat Mendoakan Orang Lain


Infoluarbiasa.com. Berdoa merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan oleh umat beragama dalam menyampaikan segala bentuk pemikiran, baik itu permintaan, rasa syukur dan berbagai macam lainnya kepada Yang Maha Kuasa. Tradisi berdoa ini sudah ada dari jaman dahulu, dan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, dan juga perkembangan aliran – aliran kepercayaan dan agama yang muncul di masyarakat
secara luas.
manfaat mendoakan orang lainTata cara berdoa tiap – tiap aliran kepercayaan dan agama pun berbeda – beda. Ada yang sebelm berdoa wajib melaksakan ritual – ritual tertentu, seperti memberikan persembahan atau berpuasa, ada pula yang dapat dilakukan tanpa ritual tertentu, dan hanya menggunakan simbolisasi.
Selain dapat berdoa untuk diri kita sendiri, kita pun bisa memanjatkan doa untuk orang lain. tentu saja tujuannya sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mendoakan orang lain, baik bagi diri sendiri dan orang lain :
  1. Menyembuhkan orang lain
Manfaat pertama dari mendoakan orang lain adalah dapat membuat orang lain yang kita doakan sembuh dari penyakit yang dideritanya. Dengan banyaknya doa yang kita panjatkan untk orang lain yang sedang merasakan kesakitan dan penderitaan, maka kita dapat membantu untuk memohon kesembuhan bagi orang tersebut agar dapa disembuhkan dari penyakitnya tersebut.
  1. Memberikan kekuatan
Mendoakan orang lain juga berarti dapat memberikan kekuatan bagi orang lan dalam menghadapi suatu hal. Dengan memberikan kekuatan ini, maka orang yang kita doakan, diharapkan mampu menerima kekuatan yang lebih sehingga mampu menghadapi persoalan yang dialami.
Caranya pun sangat mudah, hanya dengan mengucapkan kalimat “kamu, yang kuat dan tabah ya” sudah merupakan salah satu bentk doa yang manfaatnya dapat memberikan kekuatan bagi mereka.
  1. Memberikan pengharapan
Mendoakan orang lain juga berarti dapat menbuka kembali pintu harapan yang mungkin sebelumnya sudah tertutup karena adanya keputusasaan. Dengan mendoakan orang lain, bukan tidak mungkin, mereka yang kita doakan akan terbuka kembali pintu harpaannya, sehingga dapat menchilangkan rasa keputusasaan yang menaungi diri mereka selama ini.
  1. Kepuasaan spiritual dan batin
Bagi diri kita sendiri, mendoakan orang lain akan memberikan rasa kepuasan dari segi batin dan spiritual kita. Kita akan merasa senang karena kita dapat mendoakan orang lain. kita juga akan merasa puas secara spiritual yang efeknya akan berimbas pada diri kita sendiri, dalam menghadapi persoalan
  1. Membuat kita merasa bahagia
Hal ini merupakan kelanjutan dari munculnya kepuasan secara spiritual yang kita peroleh setelah mendoakan orang lain. dengan munculnya kepuasan spiritual ini, maka anda pasti akan merasa lebih bahagia dan senang karena telah berusaha dalam mebantu orang lain, meskipun hanya melalui doa..
  1. Mengabulkan keinginan dari orang lain yang kita doakan
Dengan mendoakan orang lain, berarti kita bisa memperbesar kemungkinan dikabulkannyakeinginan dari orang lain yang kita doakan. Terutama ketika memang merasa tulus dan ikhlas dalam memanjatkan doa tersebut, pastilah hal ini kan dapat mengabulkan keinginan dari orang yang kita doakan.
  1. Menguatkan iman dari orang yang kita doakan
Dengan mendoakan orang lain, maka manfaatnya adalah mampu menguatkan iman dari orang yang kita doakan, secara tidak langsung. Dengan bertambah kuatnya iman dari orang yang kita doakan, maka kehidupan mereka pun akan menjadi lebih baik dan lebih tentram.
  1. Menguatkan iman dan kepercayaan kita sendiri terhadap doa
Selain dapat menguatkan iman orang lain, iman kita sendiri akan ikut terkuatkan. Hal ini disebabkan oleh kepercayaan kita akan suatu kekuatan doa akan semakin bertambah, dan hal ini tentu saja akan meningkatkan kekuatan iman kita, dan juga akan meningkatkan kualitas hidup kita, terutama dari segi keimanan dan spiritualitas.
  1. Tobat

Doa juga merupakan salah satu bentuk pertobatan. Dengan memanjatkan doa, terutama bagi orang lain, maka akan terjadi suatu efek pertobatan, baik bagi diri kita sendiri dan juga mereka yang kita doakan.
  1. Menyadarkan seseorang akan perilaku yang mungkin mengalami penyimpangan
Ketika kita menghadapi orang yang menyalahi aturan, seperti mencopet, memukul, dan melakukan tindakan antisosial lainnya yang dilakukan baik secara sadar ataupun tidak sadar, kita sering mengucapkan “semoga dia cepat sadar akan perbuatannya”. Hal ini merupakan salah satu bentuk doa, dimana bisa menyebabkan seseorang sadar akan kesalahan yang sudah dilakukanya dan dapat berubah.
  1. Melepaskan tekanan dan beban yang ada pada diri kita sendiri
Dengan berdoa, kemungkinan diri kita juga akan mengalami proses pelepasan beban. Hal ini terjadi ketika kita mengalami ikatan yang kuat dengan orang yang akan kita doakan. Dengan mendoakan orang lain, tekanan dan beban yang muncul pada diri kita akan menjadi hilang secara perlahan – lahan.
  1. Membantu orang lain
Manfaat lain dari mendoakan orang lain adalah dapat membantu orang lain. hal ini berarti dapat membantu orang lain dalam segala hal, seperti menghadapi kesulitan, mengabulkan permintaan, dan masih banyak lagi.
  1. Mengasah empati
Empati merupakan salah satu hal yang mungkin tidak dimiliki oleh semua orang. Empati dapat muncul ketika kita ikut merasakan kesedihan ataupun permasalahan yang dimiliki orang lain. dengan mendoakan orang lain, itu berarti kita mampu mengasah rasa empati, yaitu dengan ikut merasakan masalah miliki orang lain, dan kita yakin dapat membantunya, dengan cara mendoakannya.
Itulah beberapa manfaat mendoakan orang lain. namun demikian, untuk mendoakan orang lain, ada beberapa ‘pantangan’ yaitu :
  1. Jangan pernah mendoakan orang lain untuk melakukan suatu kejahatan yang meresahkan
  2. Jangan pernah mendoakan orang lain dengan berharap timbal balik
  3. jangan pernah mendoakan orang lain, karena anda ingin dianggap sebagai orang yang baik dan ingin merasa terpandang.
Demikianlah artikel mengenai manfaat mendoakan orang lain. semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment