Wednesday, November 25, 2015

Keunikan Kucing yang Harus Anda Ketahui


1. Kalian mungkin sering melihat kucing tertidur pulas di lingkungan sekitar rumah. Tahukah kalian ternyata kucing memiliki jam tidur paling lama diantara binatang lainnya, sekitar 16 jam. Lama sekali bukan. Dengan tertidur mereka dapat menghemat energi. Kucing dikenal pula sebagai binatang yang pandai beradaptasi dan mempertahankan hidup.





2. Kalian yang memelihara kucing di rumah mungkin sering melihat kucing yang bertingkah laku menggemaskan dan seolah-olah ingin dimanja. Tahukah kalian bahwa dalam kerajaan binatang, IQ kucing hanya dapat dilewati oleh monyet dan simpanse. Dan ternyata kucing anggora atau kucing persia sangat pandai. 







3. Apakah kalian tahu apa makanan kucing? Jika kalian sering menonton film Tom and Jerry kalian pasti tahu bahwa makanan kucing adalah tikus. Lalu kapan kucing akan berburu tikus? Jawabannya adalah pada waktu malam hari. Walaupun malam hari gelap namun kucing tetap mampu berburu mangsa karena penglihatannya yang tajam. Selain itu kumis pada kucing sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara bahkan yang kecil sekalipun. Kemampuan ini membuat kucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika ia tidak dapat melihat.


4. Jika kalian melewati tempat yang kumuh dan tidak mengenakan alas kali kalian tentu akan berjalan jinjit bukan? Tahukah kamu bahwa kucing tak kalah dengan kalian. Semua kucing berjalan dengan jinjit, termasuk kucing anggora atau kucing persia.

5. Pada saat kucing berumur 6 bulan, itu setara dengan 10 tahun usia manusia.

6. Jika anda butuh sinar UV untuk melihat, pakai saja kencing kucing, karena kencing mereka menyala dalam gelap.


7.Tahukah kamu, kucing (Felis silvestrid-catus), terutama kucing rumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu species, mengalahkan kucing besar (seperti singa, harimau, dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 species . Namun karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagi manusia. Namun tetap saja sangat berbahaya apabila kucing ini terinfeksi rabies.

8. Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka. Namun, percaya atau tidak, di dunia ini hanya terdapat 1% populasi kucing di dunia yang termasuk galur murni atau kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagai ras atau biasa yang kita sebut sebagai kucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan mahal harganya.

9. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “Meong”.
Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “Meow”. Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis “Miaow”.


10. Percaya atau tidak, di abad pertengahan kucing dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan cara dibakar dan dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebar dengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat tahyul itu. Hal itu disebabkan banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukan sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabah pes tersebut.

No comments:

Post a Comment