loading...

Wednesday, November 25, 2015

Kehebatan Semut yang Harus Diancungi Jempol

Tuhan  menciptakan mahluk dengan keajaiban yang sungguh luar biasa. Salah satu mahluk yang menakjubkan adalah semut. Berikut keunikan-keunikan yang dimiliki oleh semut.


1. Rakit semut
 rakit semut
Semut akan bekerjasama satu sama lain membentuk rakit mengapung jika bahaya banjir tiba-tiba melanda. Masing-masing semut akan berikatan sangat erat sehingga mereka menjadi rakit hidup. Mereka juga akan selalu mejaga kestabilan rakit dengan saling berpindah posisi sehingga rakit akan selalu seimbang.

2. Kerjasama yang Mengagumkan
Hasil gambar untuk jembatan semut
Jika kita mengamati kehidupan semut di lingkungan sekitar, kita akan dikagumkan dengan kerjasama luar biasa yang mereka lakukan. Gambar di atas menunjukan semut yang sedang bekerjasama membentuk jembatan semut agar semut-semut lain dapat menyeberang ke daun lain. Sungguh mengagumkan bukan? Semut juga mampu bekerjasama membentuk istananya yang luasnya ribuan kali lebih besar dari ukuran satu ekor semut.

3. Semut Pandai Berternak
semut beternak
Jika kalian pernah melihat film Vida de Insito Completo yang bertemakan perang antara semut dan belalang, kalian akan melihat sang ratu semut yang selalu membawa seekor binatnnya. Binatang apakah itu? Jawabannya adalah kutu daun. Dalam dunia nyata, semut memang berteman dekat dengan kutu daun. Bahkan semut adalah sang peternak kutu daun yang handal. Kutu daun adalah mahluk yang menyerap nektar dari batang atau daun tumbuhan. Mereka akan menghasilkan kotoran yang disebut embun madu yang sangat disukai semut. Karena itulah semut sangat rajin mengembalakan kutu daun dan menjaganya dari serangan serangga-serangga lain. Terkadang semut akan memindahkan kutu daun ke tepat yang mudah untuk menyerap nektar tumbuhan. Sungguh menkjubkan bukan? subhanalloh.


4. Semut yang Kuat
 semut yang kuat
Semut adalah binatang berbadan kecil yang sangat kuat. Seeor semut akan mampu membawa beban yang beratnya berpuluh-puluh kali berat tubuhnya.

5. Racun Semut
semut beracun
Sebagian semut adalah petarung yang berbahaya. Semut amazon, semut api adalah salah satu semut dengan racun yang berbahaya. Gigitan semut tersebut akan mampu membuat kulit gatal-gatal dan melepuh

6. Semut yang Cantik
 semut cantik
Tau kah kamu ternyata semut adalah binatang yang sungguh menawan. Selain andai bersilaturahmi dengan saling berjabat tangan jika bertemu, semut juga binatang yang memiliki tubuh mengagumkan,

No comments:

Post a Comment