loading...

Wednesday, November 11, 2015

Inilah Manfaat tanaman Ciplukan/tanaman Liar yang Belum Anda Ketahui


infoluarbiasa.com, kalian pernah liat tanaman ini gak, kalau masa kecil anda dikampung pasti deh pernah liat tanaman yang satu ini,
 Ini adalah tanaman buah yang seringkali kamu temukan tumbuh secara liar
di lahan kosong atau sawah. ternyata tanaman liar yang satu ini memiliki khasiat yang tidak terduga. Melansir dari Livestrong.com, tanaman yang terkenal dengan berbagai nama seperti physalis, cape gooseberry atau cerri tanah, buah ini meyimpan lima manfaat sehat ini untuk kita.
1. Mengobati diabetes melitus
Gunakan seluruh bagian tanaman cimplukan, dan potong-potong seukuran 3-4cm. Setelah itu rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih dan menyusut setengahnya. Setelah mendidih, biarkan dingin kemudian saring. Minum sekaligus setiap pagi. Untuk sore hari kamu bisa menggunakan ampas tanaman untuk merebus tadi dengan cara mengolah yang sama.
2. Mengatasi sakit paru
Masih sama dengan cara yang pertama, didihkan tanaman cimplukan dengan menggunakan 3-5 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan dan saring. Minum sebanyak 3 kali sehari.
3. Sebagai asupan kalori
Satu gram buah cimplukan mengandung 53 kalori dan satu gram lemak. Kabar gembira bagi kamu yang tengah berada dalam program diet, bukan? Seperti beberapa buah yang kaya serat lainnya, buah cimplukan mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama.
4. Vitamin A
tak disangka 100gr buah cimplukan mengandung 720 unit vitamin A yang berarti mampu memenuhi 14% kebutuhan vitamin A bagi orang dewasa dalam sehari. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata, kesehatan kulit, dan kekebalan tubuh. Selain itu buah cimplukan juga mampu menetralkan bahaya radikal bebas yang berarti mampu melindungi kita dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas tersebut.
5. Vitamin C
Tak cukup dengan vitamin A, buah cimplukan juga mengandung 11mg vitamin C. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen yang baik untuk kulit, mengurangi tekanan darah, mengurangi risiko katarak dan juga meningkatkan mekanisme kekebalan tubuh.

No comments:

Post a Comment