Monday, November 2, 2015

Bocah Tiongkok Rawat Ayahnya yang Lumpuh, getarkan hari publik

Publik dibuat terharu saat membaca kisah mengenai bocah di Tiongkok yang setia merawat ayahnya yang tengah terbaring lumpuh. Bocah bernama Ou Yanglin ini diketahui rajin bangun pagi demi mempersiapkan makanan bagi ayahnya, Ou Tongming. 


Bocah berusia 7 tahun itu bergegas pulang ke rumah setelah sekolah untuk menyuapi ayahnya. Kemudian, ia memulung barang-barang yang bisa dijual. "Ayah saya memerlukan obat, tetapi saya tidak punya uang. Makanya saya harus bekerja," ucapnya. 

Dalam sehari. Yanglin dapat mengumpulkan uang hingga 20 Yuan atau setara dengan Rp 43 ribu. Usai memulung, ia pun mempersiapkan makan malam serta mengolesi ayahnya dengan obat. Yanglin mulai merawat ayahnya sejak ibunya meninggalkan mereka begitu saja. 

 

Tongming sendiri merupakan seorang pekerja konstruksi yang mengalami kecelakaan pada 2 tahun lalu. Saat itu, ia terjatuh dari lantai 2 bangunan rumah yang dibangunnya. Tongming pun divonis menderita patah tulang belakang yang mengakibatkan lumpuh dari pinggang ke bawah. 

Uang tabungan merea juga habis untuk biaya rumah sakit. Pemerintah Tiongkok pun memberikan bantuan uang tunai 300 Yuan (Rp 655 ribu) per bulan. Terkadang tetangga yang murah hati juga memberikan bantuan makanan untuk keluarga kecil tersebut. 

Stres dengan keadaannya, Tongming sempat berpikir untuk bunuh diri karena tak ingin menyusahkan putranya. "Namun, saya tidak sanggup meninggalkannya yatim piatu begitu saja," katanya. "Saya tidak bisa hidup tanpa ayah saya," pungkas Yanglin

No comments:

Post a Comment