loading...

Friday, October 16, 2015

Cara Mengidentifikasi/Mengenali Seorang Pedofil

Semua orang tua ingin melindungi anaknya dari predator, bagaimana Anda bisa melindungi anak Anda jika tak tahu cara mengenalinya? Siapapun bisa jadi menjadi seorang penganiaya anak atau paedofil, jadi mengidentifikasinya terkadang sulit – terutama karena kebanyakan penganiaya anak atau paedofil mulanya dipercaya oleh anak yang dianiaya. Teruskan membaca untuk mempelajari kelakuan dan sifat apa yang harus diwaspadai, situasi apa yang harus dihindari, dan bagaimana caranya menghalangi penganiaya anak
untuk menjadikan anak Anda sebagai sasaran. Namun ingat, tidak semua paedofil merupakan penganiaya anak, dan mempunyai pikiran mengenai anak kecil tidak sama seperti melakukan tindakan.

A. Mengetahui Penganiaya Anak



  1. Identify a Pedophile Step 1
    1
    Mengertiah bahwa orang dewasa manapun bisa jadi seorang penganiaya anak. Tidak ada karakteristik fisik, profesi, atau tipe kepribadian sama yang dimiliki oleh semua penganiaya anak. Penganiaya anak bisa berjenis kelamin atau berbangsa apapun, dan afiliasi agama, pekerjaan dan hobinya berbeda-beda seperti siapapun. Seorang penganiaya anak bisa tampak menawan, penyayang, dan sangat baik hati sambil memiliki pemikiran predator yang pandai ia sembunyikan. Ini berarti Anda seharusnya tidak pernah mengacuhkan kemungkinan bahwa seseorang bisa jadi seorang penganiaya anak yang tidak terkendali.
    Identify a Pedophile Step 2
    2
    Ketahui bahwa kebanyakan penganiaya anak dikenal oleh anak yang mereka aniaya. Tiga puluh persen anak yang pernah dianiaya secara seksual dianiaya oleh anggota keluarga, dan 60 persen dianiaya oleh orang dewasa yang mereka kenal namun bukan anggota keluarga. Ini berarti hanya 10 persen anak yang dianiaya secara seksual yang ditarget oleh orang asing.[2]
    • Dalam kebanyakan kasus, penganiaya anak ternyata seseorang yang dikenal oleh anak tersebut di sekolah atau aktifitas lainnya, seperti tetangga, pelatih, anggota gereja, instruktur musik, atau pengasuh.[3]
    • Anggota keluarga seperti ibu, ayah, nenek, kakek, bibi, paman, sepupu, orang tua tiri, dan sebagainya juga bisa jadi seorang predator seksual
      1. Identify a Pedophile Step 3
        3
        Ketahui karakteristik umum seorang penganiaya anak. Walaupun siapa saja bisa jadi seorang penganiaya anak, kebanyakan penganiaya anak adalah pria, tak peduli korbannya lelaki atau perempuan.[4] Many sexual predators have a history of abuse in their own past, either physical or sexual.
        • Beberapa juga memiliki penyakit mental, seperti penyakit kejiwaan atau kepribadian.[5]
        • Pria heteroseksual dan homoseksual sama-sama bisa jadi seorang penganiaya anak. Pemikiran bahwa pria homoseksual lebih memungkinkan menjadi penganiaya anak hanyalah mitos.[6]
        • Penganiaya anak wanita biasanya lebih banyak menganiaya lelaki dari pada perempuan.
      2. Identify a Pedophile Step 4
        4
        Perhatikan kelakuan umum yang ditunjukkan oleh penganiaya anak.Penganiaya anak paedofil biasanya tidak menunjukkan ketertarikan pada orang dewasa seperti ketertarikannya pada anak kecil. Mereka mungkin memiliki pekerjaan yang membolehkannya berada di sekitar anak dalam usia tertentu, atau merancang cara lain untuk menghabiskan waktu dengan anak kecil dengan berperan sebagai pelatih, pengasuh atau tetangga yang berusaha membantu.[7]
        • Penganiaya anak biasanya berbicara mengenai atau memperlakukan anak kecil seperti orang dewasa. Mereka mungkin menganggap anak kecil seperti orang dewasa atau kekasih. [8]
        • Penganiaya anak paedofil sering berkata bahwa mereka mencintai semua anak kecil atau merasa seperti masih anak kecil.
      3. Identify a Pedophile Step 5
        5
        Cari pertanda "grooming". Kata “grooming” bermaksud proses yang dijalani oleh penganiaya anak untuk mendapatkan kepercayaan anak kecil, dan terkadang kepercayaan orang tua juga. Dalam beberapa bulan atau bahkan tahun, seorang penganiaya anak akan semakin menjadi teman keluarga yang dipercaya, menawarkan pengasuhan, mengajak anak berbelanja atau berjalan-jalan, atau menghabiskan waktu dengan anak tersebut dengan cara lain. Kebanyakan penganiaya anak tidak akan mulai menganiaya seorang akan sampai sudah mendapatkan kepercayaan. Beberapa mungkin menggunakan pendapat orang lain di sekitarnya untuk mendukung kepercayaan pada dirinya untuk mengajak anak berbelanja.
        • Penganiaya anak mencari anak yang rentan pada taktiknya karena ia kekurangan dukungan emosional atau tidak mendapatkan perhatian yang cukup di rumah atau akan berusaha meyakinkan orang tua bahwa anaknya aman dengannya dan mereka tidak akan pergi jauh. Seorang penganiaya anak akan berusaha menjadi sosok “orang tua” untuk anak tersebut.
        • Beberapa penganiaya anak memangsa anak dari orang tua tunggal yang tidak mampu menyediakan pengawasan atau meyakinkan orang tua bahwa mereka adalah orang yang baik sehingga bisa mengawasi tanpanya.
        • Seorang penganiaya anak akan sering menggunakan banyak permainan, trik, aktifitas dan bahasa untuk mendapatkan kepercayaan dan/atau memperdaya seorang anak. Ini termasuk: menyimpan rahasia (rahasia sangat berharga untuk kebanyakan anak kecil, dianggap sesuatu yang “dewasa” dan sumber kekuasaan), permainan eksplisit seksual, mencumbu, mencium, menyentuh, kelakuan yang bersifat seksual, mendekatkan anak pada materi pornografi, pemaksaan, penyuapan, pemujian, dan – yang paling buruk – kasih sayang dan cinta. Waspadalah taktik ini biasanya digunakan untuk mengasingkan dan membingungkan anak Anda.
        B.Cara Melindungi Anak Dari Predator
        1. 1
          Cari tahu apakah ada paedofil yang tinggal di lingkungan Anda. Anda bisa menggunakan US Department of Justice National Sex Offender Database (pada www.nsopw.gov/en-US) untuk mencari tahu apakah ada pelanggar seksual yang tinggal di area Anda. Anda cukup memasukkan kode pos dan melakukan pencarian, lalu Anda akan mampu melihat dimana penganiaya anak mungkin tinggal.
          • Anda juga bisa melakukan pencarian nama individu untuk melihat apakah orang tertentu merupakan pelanggar seks.
          • Sangat baik untuk mengetahui kemungkinan predator, namun ketahuilah bahwa mengambil tindakan melawan pelanggar seks melanggar hukum jika ia sudah menjalani hukumannya.
        2. Identify a Pedophile Step 7
          2
          Awasi kegiatan ekstrakurikuler anak Anda. Terlibat sebanyak mungkin dalam kehidupan anak Anda adalah cara terbaik untuk melindunginya dari penganiaya anak. Mereka akan mencari anak yang mudah diserang dan tidak mendapatkan banyak perhatian dari orang tuanya atau akan meyakinkan orang tua bahwa ia tidak berbahaya untuk anaknya. Datang ke pertandingan, latihan dan gladi, temani dalam darmawisata dan perjalan keluar, dan habiskan waktu untuk mengenali orang dewasa dalam kehidupan anak Anda. Tunjukkan bahwa Anda merupakan orang tua yang terlibat dan selalu ada.
          • Jika Anda tidak bisa menemani dalam suatu perjalanan atau tamasya, pastikan ada setidaknya dua orang dewasa yang Anda kenal baik yang akan menjadi pengiring.
          • Jangan tinggalkan anak Anda sendiri dengan orang dewasa yang tidak Anda kenal dengan baik. Bahkan keluarga bisa menjadi ancaman. Kuncinya adalah selalu ada sesering mungkin.
        3. Identify a Pedophile Step 8
          3
          Pasang kamera tersembunyi jika Anda menyewa pengasuh. Ada saat dimana Anda tidak bisa mengawasi, jadi gunakan peralatan lain untuk memastikan anak Anda aman. Pasang kamera tersembunyi dalam rumah Anda agar aktifitas yang tidak senonoh bisa dideteksi. Tak peduli jika Anda benar-benar merasa mengenal seseorang, Anda harus waspada akan keamanan anak Anda.
        4. Identify a Pedophile Step 9
          4
          Ajari anak Anda mengenai keamanan daring. Pastikan anak Anda tahu predator sering berlagak seperti anak atau remaja untuk memancing anak-anak daring. Awasi penggunaan internet anak Anda, membuat peraturan untuk membatasi waktu “chat”nya. Lakukan diskusi rutin dengan anak Anda mengenai siapa temannya berkomunikasi daring.
          • Pastikan anak Anda tahu untuk tidak pernah mengirim gambar pada seseorang yang ia kenal daring, atau bertemu dengan seseorang yang merupakan teman komunikasinya daring.
          • Ketahuilah bahwa anak kecil terkadang berahasia mengenai kelakuan daring, terutama jika didorong oleh orang lain untuk menyimpan rahasia, jadi Anda perlu waspada dalam tetap terlibat dengan aktivitas daring anak Anda.
        5. Identify a Pedophile Step 10
          5
          Pastikan anak Anda merasa didukung secara emosional. [9]
          • Penganiaya anak akan meminta anak tersebut menyimpan rahasia dari orang tuanya.
          • Pastikan anak Anda mengerti bahwa jika seseorang memintanya menyimpan rahasia dari Anda itu bukan karena anak itu akan dimarahi, namun karena orang yang memintanya menyimpan rahasia tahu bahwa apa yang ia lakukan itu salah.
          • Karena anak kecil yang tidak mendapat perhatian sangat mudah diserang oleh predator, pastikan Anda banyak menghabiskan waktu dengan anak Anda dan ia merasa didukung. Ambil waktu untuk berbicara pada anak Anda setiap hari dan berusaha membangun hubungan yang terbuka dan saling percaya.
          • Ekspresikan ketertarikan dalam semua aktifitas anak Anda, termasuk pekerjaan sekolah, ekstrakurikuler, hobi, dan ketertarikan lainnya.
          • Pastikan anak Anda tahu bahwa ia bisa memberitahu Anda apapun, dan Anda selalu mau berbicara.
        6. Identify a Pedophile Step 11
          6
          Ajari anak Anda mengenal persentuhan yang tidak senonoh. Kebanyakan orang tua menggunakan metode “sentuhan baik, sentuhan buruk, sentuhan rahasia”. Ini berarti mengajarkan anak Anda bahwa ada beberaoa sentuhan yang pantas, seperti tepukan pada punggung atau bertepuk tangan (high five); ada beberapa sentuhan yang tidak dikehendaik atau “buruk”, seperti pukulan atau tendangan; dan ada juga sentuhan rahasia, yaitu sentuhan yang anak tersebut diminta untuk rahasiakan. Gunakan metode ini atau yang lainnya untuk mengajari anak Anda bahwa beberapa sentuhan tidak baik, dan jika ini terjadi, ia harus memberitahu Anda secepatnya.[10]
          • Ajari anak Anda bahwa tidak ada orang yang boleh menyentuhnya pada area pribadi. Banyak orang tua mendefinisikan area pribadi sebagai area yang seharusnya ditutupi oleh baju renang. Anak-anak juga harus tahu bahwa orang dewasa seharusnya tidak meminta anak untuk menyentuh area pribadi orang lain atau miliknya.
          • Minta anak Anda berkata “tidak” dan pergi jika seseorang mencoba menyentuhnya atau area pribadinya.
          • Minta anak Anda untuk mendatangi Anda secepatnya jika seseorang menyentuhnya dengan cara yang salah.
        7. Identify a Pedophile Step 12
          7
          Kenali jika ada yang aneh dengan anak Anda. Jika Anda memperhatikan anak Anda berkelakuan beda, kejar masalahnya untuk mencari tahu apa yang terjadi. Bertanya pada anak Anda secara rutin mengenai harinya, termasuk menanyakan apakah ada sentuhan “baik,” “buruk,” atau “rahasia” terjadi hari itu, akan membantu membuka tali komunikasi. Jangan pernah mengacuhkannya jika anak Anda mengatakan bahwa ia disentuh dengan tidak pantas atau tidak mempercayai seseorang orang dewasa. Percayai anak Anda terlebih dahulu.
          • Jangan pernah mengacuhkan tuduhan anak Anda karena orang dewasa yang dibicarakan merupakan orang yang dihargai dalam masyarakat atau sepertinya tidak akan melakukan hal itu. Itu tepat apa yang diinginkan oleh penganiaya anak.
          • Ingat bahwa hal terpenting yang bisa Anda lakukan untuk melindungi anak Anda adalah memperhatikannya. Pikirkan kebutuhan dan keinginanannya, bicara padanya, dan intinya, jadilah orang tua terbaik sebisa Anda. Hal yang harus diingat: Jika Anda tidak memperhatikan anak Anda, orang lain akan melakukannya.

          *Ingat..!!!
          • Klarifikasi istilah: Seroang paedofil merupakan seseorang yang utamanya tertarik pada anak praremaja (kesalahan umum di media adalah mendefinisikan seorang paedofil sebagai siapapun yang tertarik pada seseorang dibawah umur mayoritas, memanjangkan definisi pada yang tertarik kepada remaja, yang merupakan kesalahn). Seorang hebefil adalah seseorang yang utamanya tertarik pada remaja muda sampai pertengahan, dan seorang efebofil adalah seseorang yang tertarik pada remaja pertengahan sampai dewasa. Seorang penganiaya anak adalah tentunya siapapun yang menganiaya seorang anak, tak peduli ketertarikan atau pilihan seksualnya.
          • Ingat, jika seorang anak terlihat terasing atau sedih, itu akan membuatnya sasaran yang sangat mudah untuk predator. Tanya mengenai kehidupan sekolah anak Anda, cari tahu siapa temannya. Jika ia tidak memiliki teman, usahakan mengubah itu. Semakin banyak orang yang mendukungnya secara emosional sangat pentikng dan dalam banyak kasus bisa menyelamatkan hidupnya jika Anda kebetulan tidak hadir.
          • Seseorang harus tahu bahwa tak peduli bagaimana media dan saluran lain menyalahartikannya, ada perbedaan antara istilah “paedofil” dan “penganiaya anak”. Tidak semua paedofil merupakan penganiaya anak aktif. Sama juga, tidak semua penganiaya anak merupakan paedofil. Biasanya ada motif tersembunyi dalam kelakuan kriminal, dan beberapa merupakan penganiaya situasional. Berbeda dengan kepercayaan umum, kebanyakn paedofil sangat takut akan ketertarikannya seperti orang yang jijik padanya.
          • Ini tidak berarti seseorang harus memiliki simpati untuk penganiaya anak; sebaliknya, ini hanya berarti kita harus selalu memperhatikan kegagalan masyarakat dan berusaha memperbaikinya jika memungkinkan dengan memperhatikan anak kita dan membuka tali komunikasi dan kepercayaan.
          • Karena masalah informasi salah yang merajalela dan juga liputan media berhubungan dengan kasus seperti bekas pelatih sepak bola Penn State yaitu Jerry Sandusky, orang yang memiliki ketertarikan seperti itu terkadang takut untuk keluar dan meminta bantuan atas penyakitnya. Demikian pula, terapis juga tidak selalu bersifat obyektif, jadi beberapa paedofil menjadi nekat karena tidak bisa mendapatkan bantuan yang diperlukannya. Kenekatan inilah nantinya menjadi tindakan.

No comments:

Post a Comment