loading...

Thursday, October 15, 2015

Asal Mula Shalat Jum'at


Tentang Hari Jum'at
            "Jum'at" sebenarnya sebutan Warga Indonesia terhadap  hari yang bila di timur disebut "jumu'ah atau jum'ah", yang artinya kumpulan orang muslim berkumpul (jema'ah)  pada satu masjid jami'. Hari jum'at adalah hari yang paling mulia dari setiap terbenamnya matahari di hari lainnya. Namun, kebanyakan muslimin sekarang  berkata "hari libur kita sbenarnya bukan hari minggu tapi hari jum'at"... Lhoo, koq hari jum'at malah dijadikan hari libur. Bayangkan, swaktu agan masuk sebuah tempat pembelanjaan dan disana tertulis  diskon 90% apa reaksi agan skalian??hhehe... Begitu juga beribadah di hari jum'at gan, hari yang mulia, hari yang paling dirahmati Allah dari hari lainnya. Koq bisa?? Knapa gak hari lainnya?? Ttep simak gan ane lanjutin nih..

Sebab  Sholat Jum'at
           Sebab diadakannya sholat jum'at berlandaskan sebuah hikmah dari Nabi Adam dan Siti Hawa, Konon setelah terusir dari Surga, Nabi Adam diturunkan di negeri India, sedangkan Ibunda Siti Hawa diturunkan di Irak, setelah keduanya bertaubat dan memohon ampun, akhirnya Allah mempertemukan mereka di jabal rahmah, dan itu terjadi di hari jum'at. Mungkin agan dan sis juga sudah pada tau toh kalau nantinya kiamat (yaumul-akhir) akan terjadi di hari jum'at pula. Para sahabat pun menyebutnya Sayyidul ayyam yang artinya pimpinan hari dari hari yang lainnya.  Jika nama-nama hari yang lain menunjukkan urutan angka (ahad artinya hari pertama, itsnain atau senin adalah hari kedua, tsulatsa atau selasa adalah hari ketiga, arbi’a atau Rabu adalah hari keempat dan khamis atau kamis adalah hari kelima), maka Jum’at adalah jumlah dari kesemuanya.

Hukum Akan Sholat Jum'at
                Hukum shalat jum'at adalah wajib,  dan mubah. Wahh.. Koq banyak hukumnya?? Ya, karena  shalat jum'at wajib bagi laki-laki yang mampu berjalan ke masjid tanpa udzhur, mubah bagi mereka yang sakit, anak-anak, wanita dan orang yang sedang dalam perjalanan. Berikut hadist terkait gan:
  • Al Qur'an Al Jumu'ah ayat 9 yang artinya:"Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui." (QS 62: 9)
  • "Hendaklah orang-orang itu berhenti dari meninggalkan salat Jum’at atau kalau tidak, Allah akan menutup hati mereka kemudian mereka akan menjadi orang yang lalai." (HR. Muslim)
  • "Sungguh aku berniat menyuruh seseorang (menjadi imam) salat bersama-sama yang lain, kemudian aku akan membakar rumah orang-orang yang meninggalkan salat Jum’at.” (HR. Muslim)
  • "Salat Jum’at itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjama’ah terkecuali empat golongan, yaitu hamba sahaya, perempuan, anak kecil dan orang yang sakit." (HR. Abu Daud dan Al-Hakim, hadits shahih)
whoah, trus koq sekarang msih bnyak ya temen kita yang masih bilang "hei, lu sholat sunnah jum'at gak nanti?"  hayo, mari kita ubah kbiasaan yang menghilangkan nilai kebenaran gan. Bismillahi tawakaltu.

Beberapa Sunah yang Dianjurkan
  • Mandi, berpakaian rapi, memakai wewangian dan bersiwak (menggosok gigi).
  • Meninggalkan transaksi jual beli ketika adzan sudah mulai berkumandang.
  • Menyegerakan pergi ke masjid.
  • Melakukan salat-salat sunnah di masjid sebelum salat Jum’at selama Imam belum datang.
  • Tidak melangkahi pundak-pundak orang yang sedang duduk dan memisahkan/menggeser mereka.
  • Berhenti dari segala pembicaraan dan perbuatan sia-sia apabila imam telah datang.
  • Hendaklah memperbanyak membaca shalawat serta salam kepada Rasulullah SAW pada malam Jum’at dan siang harinya
  • Memanfaatkannya untuk bersungguh-sungguh dalam berdoa karena hari Jumat adalah waktu yang mustajabuntuk dikabulkannya doa.
Dan ini hadist terkaitnya gan:
"Tidaklah seseorang mandi pada hari Jum’at dan bersuci sebisa mungkin, kemudian dia memakai wangi-wangian atau memakai minyak wangi, lalu pergi ke masjid dan (di sana) tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk berjajar), kemudian dia salat yang disunnahkan baginya, dan dia diam apabila imam telah berkhutbah, terkecuali akan diampuni dosa-dosanya antara Jum’at (itu) dan Jum’at berikutnya selama dia tidak berbuat dosa besar." (HR. Al-Bukhari)

      Cuma itu gan yang bisa ane sampeinsemoga setelah membaca ini kita dijadikan orang yang beristiqomah dalam beribadah terutama shalat jum'at. Amiin Ya Rabb.

No comments:

Post a Comment