Saturday, October 31, 2015

15 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara


Hasil gambar untuk makanan yang bisa mencegah kanker payudaraKanker merupakan kondisi ketika sel kehilangan kendali dan mekanisme normalnya, sehingga tumbuh secara tidak normal, cepat dan tak terkendali. Kanker payudara adalah jenis kanker yang bermula dari jaringan payudara. Bersama dengan kanker serviks, kanker payudara ini adalah jenis kanker yang paling umum diderita oleh kaum wanita. Pada sebagian kasus, faktor genetik diyakini memegang peranan yang kuat, namun tidak sedikit kasus kanker payudara dihubungkan dengan faktor gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Berikut adalah 15 jenis makanan yang sangat baik untuk mencegah kanker payudara, ataupun untuk melawan penyebaran kanker payudara (ketika kanker payudara telah menyerang):
Blueberri
Menurut sebuah studi, fitokomia pada blueberri bekerja sama untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara triple-negative (TNBC), yang merupakan salah satu bentuk kanker payudara yang lebih rumit dari tipe lainnya.
Kunyit
Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, para peneliti menemukan bahwa kunyit mampu mencegah penyebaran kanker payudara ke paru-paru.
Teh Hijau
Penelitian menunjukkan bahwa rutin meminum teh hijau dapat menurunkan resiko kanker payudara dan mencegah penyebarannya ketika kanker telah tumbuh. Hal ini karena sebuah senyawa yang terdapat pada teh hijau, yang disebut EGCG.
Bawang Putih
Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat melenyapkan sel kanker ketika dilakukan tes pada daging. Penelitian telah menemukan bahwa memasak bawang putih dengan daging dapat mengurangi bahan kimia karsinogenik dalam daging tersebut, yang bisa menyebabkan kanker payudara.
Brokoli
Brokoli mengandung indole-3-carbinol, bahan kimia yang melawan kanker payudara dengan cara mengubah jenis estrogen penyebab kanker menjadi jenis estrogen yang mampu melindungi diri dari kanker.
Bunga/Kembang Kol
Seperti halnya brokoli, bunga kol merupakan sumber indole-3-carbinol yang bagus.
Kubis
Kubis dan semua sayuran crucifera lainnya mengandung glukosinolat yang sangat ampuh melawan kanker.
Tomat
Tomat mengandung kadar lycopene yang tinggi, yang telah terkenal mampu menurunkan resiko kanker payudara.
Alpukat
Alpukat kaya akan asam oleat, yang melalui banyak penelitian dinyatakan dapat mencegah kanker.
Anggur Merah
Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedang, anggur merah dipercaya dapat menurunkan resiko kanker payudara. Namun mengkonsumsi jenis yang beralkohol lebih dari dua gelas perhari dapat meningkatkan resiko kanker, sehingga pembatasan yang cukup adalah kuncinya.
Jus Delima (Pomegranate)
Sebuah penelitian yang menjanjikan di Israel menunjukkan bahwa jus delima dapat menghancurkan sel-sel kanker payudara dan tak mengganggu sel-sel yang sehat. Jus delima juga mampu mencegah pembentukan sel kanker payudara yang baru.
Minyak Biji Rami
Biji rami mengandung kadar lignan yang tinggi, yang dapat membantu mencegah kanker.
Bayam
Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi bayam setidaknya dua kali dalam seminggu, hanya setengahnya yang mengalami kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi bayam.
Jeruk Bali
Penelitian menemukan bahwa buah jeruk bali dapat menghambat perkembangbiakan sel-sel kanker payudara.
Kelp
Kelp merupakan salah satu jenis rumput laut (dari kelompok alga cokelat). Sebuah penelitian di UC Berkeley menemukan bahwa diet tinggi kelp dapat menurunkan kadar serum estradiol pada wanita dan memiliki sifat phytoestrogenic.
Sayuran laut ini juga mengandung chlorophylones, asam lemak yang dapat membantu dalam pencegahan kanker payudara. Selain itu, kelp juga mengandung fucoidan, yang telah ditemukan dalam studi dapat menginduksi apoptosis (kematian sel) sel kanker.
Ceri
Studi pada tikus percobaan menemukan bahwa sebuah senyawa dalam buah ceri, khususnya yang berwarna lebih gelap, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.


No comments:

Post a Comment